6 Langkah Membuat Desain Rumah Minimalis

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Tentunya membuat desain rumah minimalis tidaklah mudah karena konsep minimalis merupakan salah satu jenis konsep yang menjadi favorit oleh masyarakat. Konsep ini merupakan salah satu jenis konsep hunian yang cocok untuk daerah perkotaan, dimana konsep minimalis tidak memakan banyak tempat. Ukuran rumah minimalis yang kecil tidak memakan banyak lahan, karena lahan di kota besar sangatlah mahal sehingga jika ingin membuat bangunan pastinya akan memakan banyak biaya.

Membuat desain rumah minimalis

Oleh sebab itu tidak heran jika banyak orang menyukai desain rumah minimalis pada saat ini. Tentunya untuk membuat desain rumah minimalis yang unik dan berbeda dari desain minimalis lainnya adalah dengan membuat konsep desain secara matang. Tentunya dengan adanya konsep desain rumah yang matang, maka dapat membantu untuk memberi gambaran seperti apa bangunan Anda nanti. Selain itu, juga akan mempermudah proses pembangunan nanti karena sudah ada perencanaan desain yang detail, seperti yang Anda inginkan. Jadi dengan adanya desain rumah, akan membantu kontraktor dalam membangun sehingga hasilnya tidak akan mengecewakan.

6 Langkah Membuat Desain Rumah Minimalis Agar Tampak Lebih Luas

1. Memaksimalkan ruangan yang ada
Apabila Anda ingin membuat desain sendiri karena tidak ingin menggunakan jasa Kontraktor desain rumah, maka ada baiknya jika Anda membuat desain yang bisa memaksimalkan fungsi ruangan. Jadi hal ini tidak akan membuat Anda menyia-nyiakan tempat, sehingga semua ruangan dapat memiliki fungsi yang maksimal. Salah satu cara untuk memaksimalkan ruangan adalah dengan memanfaatkan ruangan tersebut baik secara horisontal maupun vertikal, serta Anda menyingkirkan barang yang tidak diperlukan.

Hal ini hanya akan membuat ruangan menjadi lebih sempit karena digunakan untuk meletakkan barang yang belum tentu diperlukan. Oleh sebab itu ada baiknya jika menggunakan barang yang memiliki banyak fungsi sehingga ruangan tidak akan banyak termakan untuk barang-barang yang tidak diperlukan. Serta ada baiknya jika Anda memanfaatkan dinding ruangan tersebut untuk meletakkan barang-barang seperti menggantung TV sehingga tidak perlu menggunakan meja TV atau credenza yang bisa memakan banyak tempat.

Baca : Contoh Desain Rumah yang Efisien

Ada baiknya jika Anda memanfaatkan ruang di bagian bawah tempat tidur untuk menyimpan barang seperti sepatu atau buku, sehingga tidak perlu menggunakan rak terpisah dalam menyimpan barang tersebut. Jadi apabila Anda menggunakan jasa desain rumah, maka jangan lupa untuk menyampaikan hal ini, apalagi saat ini banyak sekali jasa desain yang mematok biaya desain dengan murah namun melupakan bagian esensial dari desain tersebut.

2. Menghindari menggunakan pembatas ruangan secara berlebihan
Hal yang harus diperhatikan dalam desain rumah minimalis lainnya adalah tidak menggunakan pembatas ruangan secara berlebihan, hal ini hanya akan membuat bangunan Anda terlihat lebih sempit. Oleh sebab itu, ada baiknya jika Anda hanya menggunakan pembatas pada ruangan tertentu dan tidak pada semua bagian ruangan. Atau Anda bisa juga untuk memberikan batas ruangan dengan menggunakan rak sehingga dapat menghemat tempat dan tidak akan terlihat begitu sempit. Dengan adanya rak tersebut, Anda juga akan mendapatkan benefit lain dengan memanfaatkan rak untuk meletakkan barang tertentu sehingga fungsi ruangan dapat menjadi maksimal.

Desain rumah minimalis 1 lantai

Anda bisa mengatakan hal ini kepada arsitek desain rumah sehingga interior bangunan akan tetap akan terlihat bagus dan nyaman. Karena jika ruangan terlalu sempit maka dapat membuat terasa sesak sehingga tidak akan nyaman, atau Anda bisa juga menggunakan pembatas ruangan non permanent sehingga akan mempermudah untuk menggunakan pembatas ruangan tersebut pada waktu tertentu saja. Dengan begitu, kondisi bangunan dapat lebih nyaman walaupun hanya rumah minimalis yang ukurannya terbatas.

3. Menggunakan warna yang tepat
Jika Anda menggunakan jasa desain rumah profesional, jangan lupa juga untuk mengatakan warna rumah apa yang Anda inginkan atau berdiskusi mengenai warna dinding dan plafon Anda nantinya. Sebab, warna ini memberikan pengaruh terhadap suasana dan tampilan secara keseluruhan sehingga tidak bisa asal pilih saja. Untuk rumah minimalis modern biasanya menggunakan warna netral seperti putih, coklat muda, maupun abu-abu namun apabila Anda tidak suka maka bisa menggunakan warna terang terutama pada bagian dalamnya sehingga akan terkesan lebih cerah dan tidak gelap.

Baca : 5 Langkah Arsitek dalam Membuat Gambar Desain

Tentunya jika warna bagian dalamnya gelap maka tidak akan bagus serta akan memberikan suasana mencekam, oleh sebab itu, apabila Anda bingung memilih warna seperti apa yang bagus maka ada baiknya jika berdiskusi dengan jasa desain dan bangun rumah terlebih dulu, sehingga bisa mendapatkan warna yang tepat. Apalagi mereka merupakan orang yang lebih berpengalaman di bidang ini sehingga Anda bisa mendapatkan ide-ide baru yang sesuai kemauan Anda.

4. Menggunakan cermin
Beberapa kontraktor desain rumah minimalis biasanya akan menambahkan cermin pada ruangan Anda, jadi Anda harus mengetahui hal ini sehingga tidak akan melakukan kesalahan yang mendasar. Hal ini tentunya sangat penting, mengingat cermin dapat memberikan efek lebih luas. Hal ini pastinya sangat dibutuhkan oleh rumah minimalis yang berukuran kecil sehingga terlihat lebih lega. Hal ini tentunya juga akan membuat interior bangunan Anda seperti memiliki ruangan baru karena adanya efek dari cermin. Jadi jangan heran jika dalam desain rumah minimalis di Jakarta banyak yang menggunakan cermin seperti pada bagian ruang tamunya atau pada ruang makan. Hal ini bertujuan agar ruangan menjadi lebih nyaman.

5. Menggunakan perlengkapan yang dekoratif dan unik
Agar desain rumah minimalis Anda terlihat bagus maka tidak ada salahnya jika Anda menggunakan perlengkapan yang dekoratif dan unik, dimana perlengkapan ini bisa dimanfaatkan dengan baik serta bisa dijadikan sebagai hiasan. Contohnya rak dengan desain yang unik dimana selain bisa dijadikan tempat untuk meletakkan barang, namun dengan bentuknya yang unik maka rak tersebut dapat dijadikan sebagai hiasan ruangan sehingga bagian interior rumah Anda akan terlihat bagus dan menarik.

Jadi tidak perlu menggunakan barang yang tidak penting dimana hanya berfungsi sebagai hiasan saja sehingga hanya akan memakan tempat saja pada ruangan. Apalagi saat ini untuk mencari perlengkapan yang unik juga sudah tidak sulit dimana banyak sekali tersedia toko yang menjual barang-barang unik dengan harga yang murah, bahkan secara online, sehingga tidak akan menyulitkan Anda dalam mencarinya.

6. Pencahayaan dan sirkulasi udara pada harus bagus
Tentunya jika menggunakan jasa arsitek desain rumah maka jangan lupa memperhatikan pencahayaan dan sirkulasi udara yang cukup. Sebab hal ini memberikan pengaruh yang besar terhadap kenyamanan penghuni, sebab jika ruangan kurang mendapat pencahayaan, maka akan terasa gelap walaupun saat siang hari, sehingga Anda harus menggunakan lampu agar terang. Hal ini tentunya akan membuat Anda mengalami kenaikan tagihan listrik. Selain itu, jika sirkulasi udara tidak baik maka dapat membuat ruangan menjadi lembab dan berbau sehingga tidak akan nyaman ditinggali dan tidak sehat karena sirkulasi udara tidak berjalan secara baik. Jadi jangan sampai Anda tidak memperhatikan hal ini dalam desain rumah minimalis Anda.

Demikian sedikit tips membuat desain rumah minimalis yang dapat kami bagikan kali ini. Bagi Anda yang memiliki dana lebih, Anda juga dapat menggunakan jasa interior untuk meningkatkan nilai interior rumah Anda. Sampai bertemu di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Halo..

Terima kasih telah menghubungi Intinusa Persada.

Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by