2 Contoh Desain Rumah yang Efisien

desain rumah dan kantor

Lahan yang sempit akan membuat desain rumah menjadi sedikit kurang fleksibel. Tapi jangan putus asa dulu, kita bisa mengakali penempatan ruang yang sempit menjadi satu ruang bersama. Salah satu contoh yang bisa kita lakukan adalah menyatukan ruang makan dan dapur.

Di Indonesia, walaupun lokasinya berdekatan atau bersebelahan, namun biasanya ruang makan dan dapur ditempatkan secara terpisah. Penyatuan dua ruangan ini sering kita jumpai pada rumah bertipe kecil, tapi hal tersebut dilakukan karena tidak ada pilihan. Berbeda halnya dengan di luar negeri seperti Eropa dan Amerika, sudah umum menyatukan ruang makan dan ruang dapur karena lebih praktis.

Desain rumah dengan ruang kantor

Menyatukan 2 Ruangan pada Desain Rumah

Mari kita simak beberapa tips berikut apabila kamu ingin membuat desain rumah dengan menyatukan ruang dapur dan ruang makan.

1. Dengan menyatukan dua ruangan tersebut, maka kamu tidak perlu membuat sekat ruangan. Justru yang umum terjadi adalah dengan membuat satu island atau kabinet yang menggabungkan antara kompor dengan meja makan atau sink dengan meja makan.

2. Penempatan sink atau kompor dan peralatan dapur lain harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang, tidak ada aturan baku dalam penempatan ini, semua dilakukan untuk kenyamanan penghuni masing-masing rumah. Dengan begitu, instalasi air dan listrik pun disesuaikan dengan denah ruangan. Untuk penggunaan sink di island, harus disiapkan pipa air bersih dan air kotor melalui bawah lantai. Sementara untuk penggunaan kompor di island, yang harus disiapkan adalah instalasi kabel listrik untuk stop kontak atau lampu, sesuai desainnya.

3. Island biasanya berukuran lebih tinggi dibanding meja umumnya, maka kamu sebaiknya memilih kursi yang ketinggiannya disesuaikan dengan ketinggian meja.

4. Desain dapur tidak harus menggunakan island di tengah ruangan, tapi bisa juga menggunakan meja lipat untuk alternatif meja makan sehingga lebih efisien.

5. Karena dapur merupakan salah satu area yang lembab, pastikan kamu memilih jenis material yang berkualitas bagus untuk daya tahan furniture, baik kitchen set maupun meja dan kursi makan.

Baca : Membuat Kitchen Set yang Berkualitas

Demikian salah satu contoh desain rumah yang bisa diterapkan untuk lahan yang kecil. Tips desain rumah ini dapat diaplikasikan juga di ruangan lainnya, tidak terbatas pada dapur atau ruang makan. Kamu juga bisa membuat desain rumah dengan plafon yang lebih tinggi sehingga terlihat lebih luas. Dan pastikan dalam mengerjakan desain rumah, penempatan jendela dan pintu harus cukup untuk sirkulasi udara yang lebih sehat.

Membuat Ruang Kantor di Rumah

Membuat desain rumah sekaligus kantor (rukan) tidak harus berupa bangunan seperti ruko yang kaku. Namun saat ini banyak sekali lokasi kantor yang menyatu dengan hunian. Selain tidak perlu menempuh perjalanan jauh dan mahal, lokasi kantor yang berdekatan atau bahkan menjadi satu dengan hunian bisa meningkatkan produktivitas kamu lho. Dengan tidak membutuhkan waktu lama di perjalanan dan extra energi, kamu akan merasa lebih fresh dan memiliki waktu lebih banyak untuk mengembangkan usaha kamu. Simak beberapa tips berikut agar desain rumah kantor kamu bisa tetap tampil cantik ketika ada klien kamu yang berkunjung.

Ruang kantor pada desain rumah minimalis

Dalam merencanakan desain rumah seperti ini, kamu harus membuat perbedaan ruang untuk area pribadi keluarga dan area kantor. Sebaiknya area kantor dapat diakses dengan mudah dari pintu masuk hunian atau pagar, sehingga tidak menggganggu aktivitas keluarga kamu. Buatlah sekat ruangan, bisa berupa dinding permanen atau sekat ruangan non permanen untuk sebagai pembatas ruangan. Luas ruang kantor sangat tergantung dari jenis usaha dan kebutuhan aktivitas kantor kamu. Kalau hanya untuk kantor pribadi, seharusnya kamu hanya membutuhkan ruangan seluas kamar tidur (+/- 10 m2). Namun bila kamu memiliki tim yang akan secara rutin aktif dalam kegiatan kantor di ruang tersebut, kamu membutuhkan ruangan yang lebih besar.

Baca : Jasa Interior Bangunan

Hindari menempatkan ruang kerja berdekatan dengan ruang keluarga atau dapur karena dapat mengganggu aktivitas kerja kamu. Selain itu, apabila kamu membutuhkan peralatan kerja khusus yang membutuhkan daya listrik cukup besar, sebaiknya kamu memisahkan panel listrik kantor dengan panel listrik hunian agar tidak saling mengganggu. Dengan memisahkan panel listrik, Anda juga dapat menghitung biaya listrik yang terpakai setiap bulannya untuk kebutuhan pekerjaan Anda.

Desain interior rumah dan kantor bisa dibuat berbeda, namun pada bagian exterior sebaiknya dibuat menyatu sebagai satu kesatuan bangunan. Area outdoor seperti teras dan taman akan membuat kantor Anda menjadi unik dan tidak membosankan. Jangan lupa untuk memasang logo atau papan nama usaha di bagian depan, dan hindarkan menggunakan material yang terlalu besar sehingga mengganggu dari segi estetika.

Memilih Warna Cat Saat Membuat Desain Rumah

Tempat tinggal akan memberikan kesan yang berbeda jika memiliki desain rumah yang unik dan kreatif. Desain yang unik pun ditentukan oleh pemilihan konsep bangunan dan juga warna cat dinding yang mampu membuat pandangan mata langsung tertuju pada desain eksteriornya. Warna-warna yang cerah pun menjadi tren hunian minimalis beberapa tahun belakangan ini.

Memilih warna cat pada desain rumah

Kombinasi yang unik dan menarik membuat beberapa warna cerah menjadi deretan warna favorit yang mungkin cocok untuk hunian anda. Jika anda juga menginginkan warna cerah terpancar pada dinding tempat tinggal Anda, berikut ini ada 5 warna cerah atau netral yang menjadi yang bisa anda jadikan pilihan.

1. Putih
Tak perlu dipertanyakan lagi tentang warna satu ini yang masih menjadi favorit banyak orang dalam menentukan warna cat dinding. Warna putih pada desain rumah melambangkan kedamaian, kesucian dan menjamin kenyamanan sebagian orang yang menyukai warna netral ini. Warna putih pun cocok dipadukan dengan kombinasi warna apa saja tergantung selera Anda.

2. Hijau
Warna hijau banyak dipilih sebagai warna dinding desain rumah karena menggambarkan pemandangan atau rerumputan yang alami. Hijau muda banyak dipilih, namun juga sering digabungkan dengan warna hijau tua yang memberi ketenangan pada penghuninya. Warna hijau sangat cocok sebagai media relaksasi dan menetralisir pikiran yang jenuh akibat rutinitas sehari-hari yang melelahkan.

3. Biru muda
Banyak orang yang menyukai warna cerah satu ini bahkan kerap digunakan sebagai cat dinding kamar anak-anak. Biru muda memberikan gambaran laut, kesan dinamis dan juga kedamaian yang berbeda. Kepercayaan diri pun akan terasa meningkat jika melihat warna cerah ini mendominasi ruang atau desain eksterior bagian depan rumah anda. Bisa pula dipadukan dengan warna lain seperti putih yang akan membuat desain rumah Anda semakin menakjubkan.

4. Coklat
Salah satu warna cerah yang banyak disukai karena memberikan gambaran yang netral adalah warna coklat. Anda pun bisa memberikan sentuhan kreativitas agar warna ini semakin terkesan hidup dengan memberikan ornamen atau hiasan dinding yang selaras dengan warna coklat. Kombinasi dengan warna lain pun akan membuat desain rumah Anda semakin semarak dan memberi kesan kehidupan yang lebih dekat dengan bumi.

5. Abu-abu
Nah, warna yang satu ini sangat cocok untuk desain rumah anda yang minimalis modern. Anda bisa menambahkan warna hitam atau putih yang menyatu dengan warna abu-abu untuk menunjukkan hunian yang modern, namun tetap memiliki kesan sederhana. Anda bisa menambahkan batu-batu pualam untuk mempercantik dinding bagian depan hunian anda. Warna abu-abu pun bisa dikombinasikan dengan jenis warna lain jika anda menginginkan kesan yang berbeda misalnya orange. Warna cerah seperti orange yang dipadukan dengan warna abu-abau akan membuat desain rumah minimalis anda terlihat lebih sporty. Jika ingin menambahkan warna yang sedikit gelap, maka bisa memilih ungu di bagian atasnya sehingga terlihat lebih enak dipandang.

5 pilihan warna cerah yang netral tersebut bisa Anda aplikasikan pada desain rumah Anda baik desain eksterior atau interior ruangan. Pilihan warna yang beragam pun bisa memaksimalkan anda dalam mengelola kreativitas agar tercipta warna cat dinding yang memberikan tingkat kenyamanan dan juga kepuasan saat anda memandangnya. Jangan lupa untuk menyelaraskannya dengan warna lantai. Siapa tahu anda akan mendapat banyak inspirasi dan produktifitas meningkat karena pilihan warna cat dinding yang tepat.

Pengaruh Cat pada Desain Rumah

Tren warna cat untuk tempat tinggal maupun kantor dan tempat usaha lainnya, tidak banyak berubah dari tahun sebelumnya. Kebanyakan warna dominan masih menggunakan warna cat yang cerah dan netral seperti putih, coklat, dan abu-abu muda. Walaupun tetap ada penggunaan warna-warna solid dan menyala hanya untuk memberikan aksen di beberapa titik tertentu saja. Namun yang mungkin harus Anda cermati adalah dalam satu kelompok warna seperti putih, terdapat banyak sekali variasi warna seperti creamy white, carnation, cool white, soft white, dan lain-lain. Warna-warna tersebut pun sebetulnya dapat dipadupadankan sehingga menjadi tampilan yang menarik.

Untuk memberikan kesan luas pada ruangan, usahakan Anda jangan memainkan banyak varian warna. Hal ini bukan hanya berlaku pada ruangan tertentu saja melainkan ke seluruh ruangan, termasuk warna pada furniture dan dekorasi. Cocokkan warna cat menggunakan cakram warna, sehingga membentuk perpaduan warna yang manis pada desain rumah. Umumnya cakram warna dapat Anda jumpai pada toko cat. Bagi yang menyukai kesan hangat di dalam tempat tinggal, Anda bisa menggunakan warna bernuansa cream atau menggunakan lampu berwarna kekuningan.

Konsultasikan kebutuhan desain rumah bersama jasa kontraktor desain rumah yang kamu percayakan. Informasikan segala kebutuhan kamu agar hunian dan tempat usaha dapat berjalan beriringan, tidak saling mengganggu kenyamanan maupun estetika bangunan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *