Tips Menghemat Biaya Renovasi Rumah

jasa kontraktor rumah

Jasa renovasi rumah saat ini sudah banyak sekali ditemukan, dimana hal ini dapat mempermudah Anda.

Tentunya sangat perlu dilakukan, terutama jika fisik bangunan telah mengalami kerusakan cukup parah. Hal ini tentunya dilakukan untuk mendukung kenyamanan penghuni ketika ada di dalam bangunan tersebut. Selain itu, melakukan renovasi rumah dapat membuat kondisi bangunan menjadi lebih indah karena akan terlihat baru dan terawat. Namun ketika Anda menggunakan jasa renovasi rumah, biaya yang diperlukan tidak sedikit. Hal tersebut tentunya akan membuat banyak orang berpikir dua kali untuk melakukan renovasi rumah. Untuk itu, mari kita simak beberapa tips berikut agar Anda bisa menggunakan jasa renovasi Jakarta tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Tentunya cara ini bisa Anda tiru, sehingga walaupun dana Anda terbatas tapi Anda tetap bisa melakukan renovasi rumah tanpa harus meminjam dana dari orang lain.

1. Membuat skala prioritas
Agar tidak mengeluarkan banyak biaya ketika melakukan renovasi dengan menggunakan jasa renovasi rumah Jakarta maka ada baiknya jika Anda menggunakan skala prioritas. Dimana hal ini bertujuan untuk meminimalisasi biaya yang akan Anda keluarkan. Jadi Anda tidak akan tergoda untuk melakukan renovasi secara berlebihan. Contohnya jika pada awalnya berniat untuk melakukan renovasi pada ruang tamu maka dengan adanya skala prioritas maka Anda hanya melakukan renovasi pada ruang tamu saja sehingga tidak akan tergoda untuk melakukan renovasi pada ruangan lainnya. Selain itu, Anda sebaiknya menggunakan jasa renovasi rumah terdekat. Contohnya bila Anda tinggal di area Jakarta, Anda dapat menggunakan jasa renovasi rumah jakarta. Sementara, bila Anda berada di area BSD, gunakan jasa kontraktor rumah bsd. Dan kalau bangunan berada di area Cibubur, gunakan jasa renovasi rumah cibubur. Hal ini tentunya akan sedikit membantu mengurangi biaya ketika Anda ingin berkonsultasi terlebih dulu sebelum memutuskan untuk menggunakan salah satu jasa renovasi rumah.

2. Menggunakan bahan bangunan yang bekas namun masih layak pakai
Salah satu cara jika Anda ingin hemat uang, misalnya ketika menggunakan jasa renovasi atap rumah, maka tidak ada salahnya jika menggunakan bahan bangunan bekas tetapi masih layak untuk digunakan. Bekas belum tentu berarti bekas pakai, namun bisa diartikan material sisa dari proyek lain. Hal ini tentunya dapat membantu Anda untuk berhemat karena tidak perlu membeli bahan bangunan yang baru. Ditambah lagi hal ini akan sangat pas jika Anda masih memiliki bahan bangunan yang masih bagus bekas proyek renovasi rumah lainnya atau bekas renovasi rumah Anda sebelumnya. Dengan melakukan cara ini, maka Anda dapat mengurangi isi gudang dan tetap mendapatkan material berkualitas sama, layak pakai. Jadi Anda harus mengubah pola pikir bahwa material bekas selalu tidak layak pakai. Namun dalam hal ini, Anda juga harus teliti dalam memilih bahan bangunan bekas. Hindari menggunakan material yang sudah tidak layak pakai karena akan menurunkan kualitas bangunan dan mempengaruhi daya tahan bangunan. Dengan kondisi demikian, bahan bangunan akan rusak dalam waktu yang singkat sehingga berpotensi justru membuat Anda mengeluarkan biaya yang besar untuk melakukan perbaikan kembali di kemudian hari.

Baca Juga :  Tips Mencari Jasa Desain Rumah Secara Online

3. Memahami rumus dasar perhitungan biaya renovasi
Sebelum melakukan renovasi dengan menggunakan jasa renovasi bangunan maka wajib untuk Anda memahami rumus dasar renovasi yaitu mengenai perhitungan volume dengan harga pengerjaannya. Tentunya terdapat banyak sekali metode penghitungan dimana Anda bisa membandingkan antara metode satu dengan lainnya. Jadi Anda bisa melakukan penghitungan anggaran secara terperinci dengan menghitung volume dan harga satuan yang akan dikeluarkan dari seluruh pekerjaan renovasi nanti. Tentunya Anda harus disiplin dalam melakukan hal ini sehingga nantinya nilai bangunan Anda akan menjadi maksimal sekaligus di sisi lain melakukan penghematan. Karena itu ada baiknya jika pada tahap perhitungan biaya, Anda menyusun semua komponen pekerjaan dari bagian awal hingga akhir pekerjaan. Biasanya, dalam proses renovasi rumah, perhitungan dimulai dari tahap persiapan hingga pembersihan. Sementara pada proses bangun rumah, perhitungan dimulai dari tahap pembersihan lahan hingga pembangunan dan pembersihan. Namun hal yang harus Anda ingat adalah bahwa rincian komponen pekerjaan sangatlah fleksibel dimana bisa berbeda-beda tergantung dari volume pekerjaan dan kesulitan pekerjaan. Renovasi rumah tentunya membuat dana yang diperlukan akan cukup besar, oleh sebab itu Anda harus fokus dengan skala prioritas yang ada.

4. Merencanakan jadwal dan kalkulasi pengeluaran
Walaupun Anda menggunakan jasa renovasi dan bangun rumah yang berpengalaman seperti jasa kontraktor, jangan lupa untuk menghitung rencana pengeluaran dengan baik sejak awal. Hal ini bertujuan agar pengeluaran dalam renovasi tidak akan melebihi budget yang Anda miliki. Perencanaan pengeluaran dana yang baik akan mempercepat proses renovasi atau pembangunan, sebaliknya bila ada kendala pencairan dana maka pelaksanaan renovasi akan terhambat dan berpotensi menambah pengeluaran Anda. Tentunya dengan menghitung rencana pengeluaran, maka Anda bisa mengetahui apa saja dan kapan waktu pengeluaran Anda nanti. Jadi jika Anda ingin berhemat, maka Anda wajib menghitung secara cermat sedari awal sehingga tidak akan bermunculan pengeluaran yang berlebihan ataupun telat bayar, dimana berpotensi menyusahkan Anda. Hal ini penting diperhatikan pada waktu Anda ingin melakukan renovasi rumah.

Baca Juga :  Tips Bangun Rumah yang Ramah untuk Anak Kecil dan Lansia

5. Bekerja sama dengan toko material
Untuk mempermudah proses renovasi maka tidak hanya menggunakan jasa renovasi saja, namun Anda juga dapat bekerja sama dengan toko material, untuk mempermudah Anda dalam mendapatkan pasokan bahan bangunan. Jadi Anda tidak akan kesulitan nantinya dalam mencari material bangunan dan pengiriman material ke lokasi tidak akan mengalami keterlambatan. Maka dari itu, ada baiknya jika Anda bekerja sama dengan toko bangunan yang menjual bahan bangunan yang lengkap sehingga Anda tidak akan mengeluarkan banyak tenaga untuk mencari bahan bangunan ke toko lainnya. Inilah benefit dari bekerja sama dengan sebuah toko bangunan, akan sangat mempermudah Anda untuk mendapatkan bahan bangunan tanpa harus membuang waktu dan tenaga. Semakin cepat mendapatkan bahan bangunan maka semakin cepat pula proses renovasi rumah selesai. Pada akhirnya, semakin cepat pula rumah dapat ditempati dengan nyaman. Apalagi saat ini sudah banyak sekali bermunculan toko bangunan yang mau bekerja sama dalam proses renovasi. Namun jangan lupa untuk melakukan opname stok dan biaya yang harus dibayarkan ke toko bahan bangunan nanti. Kalau ini terlalu merepotkan Anda, coba untuk meminta jasa kontraktor renovasi rumah untuk mencarikan toko bahan bangunan yang dapat diajak bekerja sama. Hal ini juga dapat diaplikasikan pada renovasi kantor. Minta jasa renovasi kantor Anda untuk melakukan hal yang serupa.

6. Jeli dalam memilih jasa kontraktor
Tentunya dalam proses renovasi diperlukan jasa kontraktor yang memiliki jasa tukang dan pengawas berpengalaman untuk mempermudah pengerjaan renovasi. Walaupun jasa kontraktor ini sudah banyak tersedia namun tidak semua jasa kontraktor dapat bekerja dengan baik. Terutama bila Anda mempekerjakan jasa renovasi rumah minimalis untuk konsep bangunan minimalis. Oleh sebab itu ada baiknya Anda lebih jeli dalam memilih jasa kontraktor sehingga Anda akan mendapatkan kontraktor bangunan yang tepat dan hasilnya tidak akan mengecewakan. Apabila diperlukan, Anda dapat meminta portofolio atau profil perusahaan dari jasa kontraktor. Sebab hasil kerja mereka dapat memberikan pengaruh terhadap tampilan bangunan nanti, dimana semua orang pastinya ingin tampilan bangunan mereka tampak bagus. Sebisa mungkin untuk menghindari jasa tukang perorangan yang tidak jelas asal usulnya karena berpotensi besar menghadapi masalah di tengah proses kerjanya nanti.

Baca Juga :  Jasa Kontraktor Bangun Rumah : Penggunaan 2 Material Kusen

Jadi dengan cara ini maka Anda bisa menemukan jasa renovasi yang tepat serta dapat membantu menghemat biaya renovasi rumah nantinya. Bila Anda ingin berkonsultasi mengenai kebutuhan renovasi rumah, Anda dapat menghubungi Intinusa Persada di nomor 081380809198.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *