Tips Memilih Cat Rumah untuk Hasil Terbaik

tips memilih warna cat rumah

Memilih cat rumah sering kali didasarkan pada selera dari pemilik rumah. Dalam banyak hal, pemilihan warna cat rumah akan mencerminkan kepribadian si pemilik rumah. Namun demikian, pemilihan warna yang salah dapat menyebabkan perpaduan warna menjadi tidak beraturan. Akibatnya, tampilan rumah bukan meningkatkan nilai estetika namun yang terjadi justru sebaliknya.

Karena hal tersebut, banyak pemilik rumah yang bermain aman dalam pemilihan warna cat rumah. Supaya lebih mudah, warna cat rumah hanya diaplikasikan pada satu warna saja untuk keseluruhan bangunan. Namun sebetulnya tidak sulit dalam menentukan warna cat bila Anda mengetahui triknya.

Baca : Tips Membuat Kantor Kecil di Rumah

Oleh sebab itu, dalam artikel kali ini akan lebih banyak dibahas mengenai tips dalam memilih warna cat rumah dan cara pengecatan yang benar. Walaupun dalam artikel ini hanya dibahas mengenai rumah, tapi Anda dapat mengaplikasikannya pada jenis bangunan lain seperti ruko, restoran, kantor, apartemen, dan yang lainnya. Yuk kita simak tipsnya berikut ini.

Cara Memilih Cat Rumah untuk Hasil Terbaik

Melakukan pengecatan dinding atau plafon di rumah terlihat mudah. Pada dasarnya, Anda hanya membutuhkan material utama berupa cat dan peralatan pengecatan. Tapi, kalau tidak dilakukan dengan benar, hasil pengecatan tidak akan menutup sempurna. Oleh sebab itu, di luar peralatan utama tersebut, Anda juga wajib mengetahui material lain yang harus dipersiapkan dan jenis cat yang akan digunakan.

Umumnya, berdasarkan kondisi bidang yang akan dicat, proses pengecatan dapat dibagi menjadi 2 macam yaitu :
1. Pengecatan terhadap dinding yang sudah dicat (cat ulang)
2. Pengecatan terhadap dinding baru (belum pernah dicat)
Kedua kondisi dinding ini akan menghasilkan proses pengecatan dan material yang berbeda. Pada pengecatan terhadap dinding yang sudah dicat (cat ulang), idealnya perlu dilakukan pembersihan dinding dari cat lama atau paling tidak pembersihan dari kotoran yang melekat di dinding. Kotoran dapat bermacam-macam seperti debu, lumut, cat yang terkelupas, atau kotoran lainnya.

contoh cat rumah

Dengan proses pembersihan tersebut, cat akan dapat menempel sempurna pada bidang dinding. Untuk membersihkan dinding tersebut, gunakanlah amplas kasar dan amplas halus. Gosokkan amplas kasar secara merata terlebih dulu untuk mengikis lapisan terluar bidang dinding. Setelah itu, gunakan amplas halus untuk menghaluskan permukaan dinding. Setelah kondisi dinding halus dan bersih dari segala kotoran yang melekat, Anda bisa memulai proses pengecatan. Apabila dirasa perlu, Anda dapat menggunakan paint remover untuk membersihkan dinding dari cat lama yang sudah melekat.

Apabila ada beberapa kondisi dinding yang berlubang atau tidak rata, Anda dapat menggunakan compound untuk meratakan kondisi dinding tersebut. Setelah memberikan compound pada dinding, lakukan pengamplasan kembali agar bidang dinding kembali menjadi rata kembali.

Baca : Mengenal Material Kusen

Sementara itu, bila pengecatan dilakukan terhadap dinding baru, maka Anda dapat langsung menggunakan compound untuk meratakan retak atau lubang pada dinding. Setelah compound mengering sempurna, gunakan amplas dan bersihkan bidang dinding dari kotoran yang menempel. Dalam hal ini, pembersihan bidang dinding biasanya dilakukan dengan lebih sederhana dan cepat bila dibandingkan dengan proses pembersihan pada bidang dinding yang sudah dicat. Setelah itu, Anda sudah dapat melakukan pengecatan.

Proses pengecatan baiknya diawali dengan penggunaan cat dasar atau cat primer terlebih dulu. Cat dasar tersebut biasanya dimiliki oleh semua merk cat. Fungsinya adalah untuk menutup pori-pori dinding dan melapisi dinding agar terlihat lebih halus. Penggunaan cat dasar juga akan menghemat pemakaian cat utama sehingga berakibat pada efisiensi anggaran belanja Anda. Terutama bagi Anda yang melakukan pengecatan ulang terhadap dinding yang sebelumnya berwarna solid atau kontras.

Penggunaan cat dasar dilakukan sebanyak 2 kali agar lebih merata. Setelah itu, Anda dapat mulai menggunakan cat utama. Penggunaan cat utama dan cat dasar harus disesuaikan dengan jenis dan tipenya. Anda dapat berkonsultasi pada konsultan cat yang terdapat pada supermarket bahan bangunan atau toko cat. Biasanya, masing-masing merk cat akan memiliki 2 sampai 3 macam tingkatan untuk kualitas cat, baik cat indoor maupun cat outdoor. Dengan perbedaan tingkat kualitas maka harga dari jenis cat tersebut juga akan ada perbedaan.

cat rumah bagian indoor

Menggunakan Jasa Kontraktor dalam Pengecatan Rumah

Dengan adanya perbedaan dari kualitas cat maupun teknis pelaksanaan, maka biaya pengecatan pun akan sangat bervariasi. Hal inilah yang menjadi pertimbangan jasa kontraktor dalam mengerjakan pengecatan. Jadi, bila Anda menggunakan jasa kontraktor untuk mengecat rumah, Anda harus mengetahui bahwa biaya pengecatan dapat berbeda dikarenakan beberapa faktor tersebut. Semakin sempurna hasil pengecatan, maka waktu yang dibutuhkan pun akan semakin lama dan berakibat pada naiknya biaya pengecatan.

Apabila Anda membutuhkan jasa kontraktor untuk mengerjakan pengecatan rumah atau kantor, Anda dapat menggunakan jasa pengecatan dari Intinusa Persada. Anda dapat menghubungi Intinusa Persada di nomor (021) 7451918 atau 081380809198. Intinusa Persada, salah satu jasa kontraktor dengan layanan terlengkap bagi kebutuhan bangunan Anda. Dengan pengalaman menangani berbagai macam pekerjaan bangunan di sektor residensial maupun komersial, Intinusa Persada dapat menjadi solusi tepat bagi kebutuhan Anda.

Tips Memilih Warna Cat

Memilih warna cat rumah, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pada umumnya disesuaikan dengan selera dari pemilik rumah. Namun demikian, pemilihan warna yang salah dapat menyebabkan nilai estetika bangunan menjadi tidak baik. Oleh sebab itu, ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan dalam menentukan warna cat rumah.

Mulailah menentukan cat utama sebelum cat pelengkap

Memilih cat rumah dapat dimulai dari warna cat utama. Cat utama yang dimaksud di sini adalah cat yang digunakan pada mayoritas bidang dinding bangunan. Warna cat utama biasanya menggunakan warna-warna yang light atau terang. Selain itu, warna cat utama sebaiknya dapat dipadukan dengan segala macam warna cat lain. Oleh sebab itu, banyak pemilik rumah yang menggunakan warna putih sebagai warna cat utama.

Perhatikan pencahayaan

Pencahayaan akan sedikit banyak berpengaruh pada warna cat. Bila Anda menggunakan lampu berwarna putih tidak akan mengubah tampilan warna cat Anda. Tapi kalau Anda berani dalam bermain warna aksen pada dinding dan menggunakan lampu berwarna kuning, Anda wajib mempertimbangkan faktor pencahayaan tersebut. Karena umumnya warna cat dapat berubah warna tampilannya ketika terkena cahaya lampu kuning atau sinar matahari.

Uji coba cat pada bidang dinding

Apabila memungkinkan, uji cobakan warna cat pada sedikit bidang dinding untuk memastikan warna cat rumah yang dipilih adalah tepat. Ada kalanya, cat akan berubah warna setelah digunakan pada dinding ataupun bidang lainnya. Yang umum terjadi adalah warna akan berubah sedikit menjadi lebih hijau, biru, atau pink.

Ketahui psikologi warna

Psikologi warna mungkin dapat menjadi pertimbangan dalam memilih warna cat rumah. Sebaiknya, warna dinding kamar menggunakan warna yang lebih tenang dan tidak terlalu terang. Sebaliknya, ruang bermain anak dapat menggunakan warna yang terang seperti kuning dan sejenisnya. Dan hindarkan penggunaan beberapa warna dalam satu ruangan yang sama.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *