Tips Melakukan Renovasi Rumah dengan Hemat

Melakukan renovasi rumah lama

Membeli bangunan lama akan memberikan tantangan tersendiri dalam pengerjaan renovasi rumah karena biasanya pemilik bangunan lama tidak memiliki gambar kerja, baik karena hilang ataupun memang dalam proses pembangunan tidak disertai gambar kerja. Selain itu, walaupun tersedia gambar kerja sewaktu pembangunan, biasanya kondisi bangunan sudah tidak sesuai dengan gambar tersebut, karena sudah mengalami renovasi rumah secara berulang sebelum Anda membelinya.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, renovasi adalah pembaharuan, peremajaan, penyempurnaan. Dalam hal ini tentu saja pengertian tersebut dikaitkan dengan bangunan, baik dari segi struktur, dekorasi, interior, eksterior, elektrical ataupun mekanikal, hingga landscape. Ruang lingkupnya sangat luas, tidak terbatas pada pekerjaan perawatan, namun juga pada perluasan bangunan atau perbaikan, yang tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas.

Dalam hal meningkatkan kualitas, artinya akan ada beberapa poin yang ditingkatkan. Poin tersebut bisa ditinjau dari segi kenyamanan , keamanan, fungsi, atau yang lainnya. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan apa saja yang akan dijadikan sebagai tolak ukur. Karena apabila bangunan yang ingin Anda renovasi memiliki lahan yang terbatas, maka besar kemungkinannya Anda tidak bisa mendapatkan semua keinginan Anda. Oleh karena itu, penting bagi Anda memutuskan poin apa yang menjadi prioritas dalam renovasi rumah.

Jangan menunda rencana renovasi rumah

Apabila Anda sudah memutuskan untuk melakukan renovasi rumah, maka segeralah Anda mengeksekusi rencana tersebut agar biaya yang akan dikeluarkan lebih ekonomis. Mengingat setiap tahunnya nilai material dan jasa mengalami peningkatan 5 – 15%. Selain itu, rencana yang tidak langsung segera dieksekusi, akan menghabiskan tenaga dan waktu lebih lama sehingga berpotensi batal dilakukan. Oleh sebab tiu, segeralah membuat perencanaan sekarang juga.

Sebelum membuat konsep desain, carilah info sedetail mungkin terkait lingkungan di sekitar. Info yang dimaksud mencakup proses perijinan, karakteristik tanah dan air, hingga kondisi bangunan itu sendiri beserta lingkungan sekitarnya. Semakin Anda mengenali karakteristik rumah tersebut, semakin detail perencanaan yang dapat Anda buat. Hal tersebut bermanfaat bagi proses renovasi rumah ke depannya.

Renovasi rumah yang disesuaikan dengan life style

Anda mungkin sudah mencari beberapa referensi dari internet maupun artikel majalah mengenai desain yang diinginkan. Namun yang lebih penting adalah memutuskan renovasi rumah dengan konsep yang sesuai gaya hidup Anda. Hindari meniru desain bangunan lain yang secara fungsional tidak sesuai dengan gaya hidup Anda. Perhatikan denah, fungsi ruang, material yang digunakan, hingga penempatan dan model furniture yang diinginkan.

Murah vs kualitas

Dalam hal menentukan material yang digunakan, ada baiknya Anda mempertimbangkan kualitas material dan biayanya. Biaya renovasi rumah sangat bergantung dengan desain dan pemilihan material, walaupun sering kali Anda temukan melalui iklan ataupun media mengenai harga renovasi rumah atau bangun rumah per meter persegi. Ada baiknya dalam proses perencanaan biaya, Anda berkonsultasi dengan kontraktor mengenai detail spesifikasi material yang digunakan. Apabila Anda ingin hasil renovasi rumah lebih berkualitas dan tahan lama, ada baiknya Anda berorientasi pada pemilihan material bangunan. Sebaliknya bila Anda berorientasi pada budget, biasanya kualitas bangunan tidak sebaik harapan.

Lakukan perhitungan yang matang dan sisihkan sebagian budget karena biasanya ada tambahan pekerjaan di tengah-tengah proses renovasi. Sediakan dana untuk hal yang tidak terduga, mengingat dalam melakukan renovasi rumah bisa jadi lebih sulit dibanding membangun bangunan baru.

Jasa kontraktor Renovasi Rumah

Apabila Anda memiliki budget yang cukup dan Anda tidak mau mengambil resiko terhadap hasil renovasi rumah, sebaiknya Anda menggunakan jasa kontraktor. Selain lebih berpengalaman dalam mengerjakan renovasi rumah, kontraktor juga akan memberikan garansi minimal selama 3 bulan dalam pekerjaannya. Jadi Anda akan tetap aman dalam perencanaan struktur bangunan, elektrikal dan mekanikal, hingga pendanaan karena semua sudah melalui perencanaan yang matang.

Bagaimana Apabila Budget Tidak Cukup untuk Renovasi Rumah ?

Melakukan renovasi dapat dilakukan secara berkala walaupun tidak dalam jangka waktu yang berdekatan. Cepat atau lambat kondisi rumah akan membutuhkan perawatan, baik karena adanya kerusakan akibat cuaca atau hal lain, atau karena sudah ketinggalan jaman. Dalam hal ini, Anda dapat mengganti beberapa bagian agar tampak lebih modern.

Renovasi rumah di Permata Hijau Jakarta Selatan

Melakukan renovasi tidak perlu dilakukan secara besar-besaran di seluruh bagian ruangan. Namun, Anda dapat mempertahankan beberapa bagian rumah yang masih layak pakai. Biasanya bagian yang paling sering dilakukan perbaikan adalah bagian atap, sanitasi, dan finishing bangunan. Bagian atap rumah berkaitan dengan rangka atap dan penutup atap. Rangka atap rumah tua pada umumnya masih menggunakan rangka kayu. Rangka kayu tersebut harus Anda cek secara berkala karena biasanya dalam beberapa tahun akan termakan oleh rayap sehingga kayu menjadi lapuk dan mengakibatkan kekuatannya berkurang. Dalam kondisi seperti ini, kondisi atap akan turun dan berpotensi membahayakan.

Oleh karena itu, banyak yang mengganti rangka atap dari kayu menjadi baja ringan. Kelebihan rangka atap baja ringan adalah ketahanannya yang tidak akan pudar termakan waktu. Namun dalam pengerjaannya harus diperhatikan kekuatan baja ringan tersebut. Biasanya baja ringan dipadukan dengan penutup atap berupa genteng beton atau yang lebih ringan. Untuk penutup atap yang lebih berat, sebaiknya ketebalan baja ringan atau jumlah rangka harus ditambah untuk menghindarkan rangka akan melengkung karena beban yang berat.

Dalam mengerjakan renovasi bagian atap, Anda juga harus mempersiapkan dana untuk memperbaiki plafon rumah. Karena biar bagaimana pun, apabila Anda melakukan pekerjaan atap, plafon rumah berpotensi besar akan rusak. Untuk rumah tua biasanya masih menggunakan plafon berupa tripleks, sedangkan saat ini banyak digunakan papan gypsum. Selain dapat dibentuk dengan mudah, plafon gypsum juga tahan terhadap rayap dan api sehingga dari segi keamanan lebih baik. Lis plafon pun juga sudah banyak tersedia menggunakan material gypsum dengan berbagai macam bentuk.

Untuk dinding rumah, biasanya dilakukan pengecatan ulang karena warna cat yang sudah pudar atau terkelupas. Penggunaan cat pun ada 2 jenis, untuk di dalam ruangan (indoor) dan di luar ruangan (outdoor). Pada umumnya cat indoor lebih murah dibanding cat outdoor untuk merek yang satu level. Ada baiknya Anda menggunakan cat yang telah ada, tanpa melakukan pencampuran untuk menghindarkan perbedaan warna di kemudian hari. Gunakanlah warna-warna yang terdapat dalam catalog dan pastikan Anda mengenali kualitas cat tersebut.

renovasi rumah di permata hijau 5

Selain atap dan dinding, perhatikan juga lantai rumah Anda. Pada umumnya, rumah tua akan menggunakan keramik lantai teraso atau keramik lantai berukuran 40 x 40 cm (atau di bawah itu). Sedangkan saat ini sudah banyak dipakai keramik ukuran 60 x 60 cm dengan berbagai modelnya dari mulai homogenous tile, granit, marmer, dll. Tentu saja dengan mengganti keramik lantai, tampilan rumah Anda akan lebih modern dari sebelumnya.

Jangan lupa untuk memperhatikan instalasi listrik dan pipa di dalam rumah. Biasanya untuk rumah yang sudah berusia di atas 15 tahun, kabel listrik sudah tidak layak dipakai. Begitu pun dengan kondisi pipa air bersih dan air kotor. Untuk sekedar berjaga-jaga, pastikan pipa dan kabel dalam kondisi layak digunakan sebelum melakukan finishing agar Anda tidak perlu melakukan perbaikan kembali.

Walaupun terlihat sulit dan mahal, renovasi rumah tetap perlu Anda lakukan. Biaya renovasi sangat tergantung pekerjaan yang dilakukan dan tidak ada acuan perhitungan biaya per meter perseginya. Selain karena dipengaruhi oleh material yang digunakan, renovasi rumah juga dipengaruhi tampilan akhir yang diinginkan.

Apabila Anda mengalami kesulitan dalam merencanakan renovasi rumah, Anda dapat menghubungi Intinusa Persada di nomor 081380809198. Intinusa Persada, merupakan kontraktor bangunan yang melayani renovasi rumah, kantor, cafe, restoran, dan tempat usaha lainnya. Pastikan Anda menghubungi kontraktor berpengalaman untuk solusi renovasi Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Halo..

Terima kasih telah menghubungi Intinusa Persada.

Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by