Tips Bangun Rumah yang Ramah untuk Anak Kecil dan Lansia

tips bangun rumah yang ramah anak dan lansia

Ada masanya dalam merencanakan bangun rumah, kita memikirkan kebutuhan anak-anak atau orang tua. Kita ingin memiliki hunian yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga, bukan hanya karena nyaman tapi juga aman. Sebagaimana kita ketahui bahwa lingkungan yang baik akan mendukung perkembangan kecerdasan dan psikologis anak, serta dapat menjaga kesehatan anggota keluarga yang lain. Apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat desain rumah agar tetap mendukung aktivitas penghuninya ? Mari kita simak beberapa tips berikut.

Dalam merencanakan atau mengerjakan bangun rumah, sebaiknya kamu mempertimbangkan untuk menggunakan jasa kontraktor bangun rumah yang berpengalaman. Keuntungan menggunakan jasa kontraktor dalam bangun rumah adalah sistem kerja yang lebih matang sehingga proses perencanaan dan pengerjaannya dapat berjalan dengan rapi. Proses kerja yang terencana dengan baik, akan menghasilkan bangunan yang berkualitas, baik dilihat dari segi kekuatan bangunan maupun dari segi estetika bangunan. Dalam hal ini, bukan hanya dibutuhkan (sebatas) pengalaman kerja yang cukup, namun juga harus didukung oleh tenaga ahli, management yang baik dari pemberdayaan tenaga kerja maupun waktu kerja, pengelolaan dana yang baik, hingga pengetahuan mengenai material dan teknis pengerjaan yang cukup.

Jasa kontraktor bangun rumah akan mendampingi kamu dengan konsultan perencana dalam membuat gambar desain rumah. Perencanaan desain merupakan tahap awal dalam pembangunan, oleh sebab itu tahap ini sangat penting untuk merencanakan segala kebutuhan bangunan kamu sebelum pembangunan dimulai. Perubahan yang dilakukan pada saat pengerjaan sudah berlangsung akan berpotensi mengubah struktur bangunan dan menambah biaya bangun rumah. Pada saat proses pembangunan, jasa kontraktor bangun rumah akan memberikan pengawasan melalui pengawas lapangan dan konsultan perencana yang meninjau langsung ke lokasi kerja.

Baca Juga :  6 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Desain Rumah

Untuk faktor kenyamanan, dalam proses bangun rumah, kamu juga bisa menggunakan jasa desainer interior. Namun biasanya kontraktor bangun rumah memiliki tim desain untuk membantu menyiapkan interior bangunan. Nah, inilah benefit yang kamu dapatkan bila menggunakan jasa kontraktor bangun rumah. Hampir seluruh kebutuhan bangunan dapat kamu temukan di sini. Bandingkan bila kamu harus mencari jasa desain rumah, jasa kontraktor, dan jasa desain interior secara terpisah. Bukan hanya waktu kerja yang semakin lama, tapi juga biaya pengerjaan akan semakin mahal.

Untuk hunian yang ditempati oleh orang lanjut usia (lansia), baiknya disediakan kamar tidur di lantai bawah. Mengingat untuk ke lantai atas harus melewati tangga, dimana tidak semua lansia bisa melakukan itu dan berpotensi jatuh. Dalam merencanakan denah bangunan, perhatikan sirkulasi udara yang cukup untuk keluar masuk ke dalam ruangan, terutama kamar tidur. Begitu juga dengan cahaya matahari. Hindari kamar tanpa jendela karena akan menyebabkan udara lembab, bau, dan tidak sehat. Kondisi yang demikian, bukan hanya berpengaruh terhadap kesehatan penghuni kamar, tapi juga segala furniture dan peralatan elektronik yang ada di kamar tersebut akan menjadi lebih tidak awet.

Penempatan pintu dan jendela (berikut modelnya) harus direncanakan dengan baik agar tidak terjadi benturan dengan anak-anak. Tempatkan pintu di posisi yang tepat, jangan berdekatan dengan siku ruangan lain sehingga berpotensi terkena anak-anak yang sedang bermain atau berlarian.. Pertimbangkan untuk membuat lubang udara di atas pintu, dan tidak meletakkan kunci pintu tergantung pada handle pintu yang bisa mengakibatkan anak-anak terkunci di dalam kamar. Untuk bentuk furniture mungkin dapat dihaluskan pada bagian tepi, sudut-sudut bagian yang tajam. Hindari menyimpan barang pecah belah dan obat-obatan di lemari terbuka dan mudah dijangkau anak. Buatlah satu area bermain anak dengan lemari penyimpanan mainan yang bisa diawasi orang dewasa.

Baca Juga :  Tips Melakukan Renovasi Rumah dengan Hemat

Demikian sedikit tips bangun rumah yang ramah bagi anak dan lansia. Sampai bertemu di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *