Menghitung Biaya Desain Rumah

jasa kontraktor bsd

Ketika Anda membangun rumah dengan menggunakan jasa desain rumah, tentunya hal yang menjadi bahan pertimbangan adalah biaya dari jasa desain rumah tersebut. Nah, berikut ini adalah cara atau metode perhitungan biaya yang Anda butuhkan ketika Anda menggunakan jasa desain rumah. Yuk kita simak beberapa metode yang umum digunakan.

a. Berdasarkan persentase biaya konstruksi
Salah satu metode untuk menghitung berapa jumlah biaya desain rumah Anda adalah dengan menggunakan metode persentase biaya konstruksi ini. Metode ini digunakan untuk bangunan mewah yang memiliki detail-detail yang cukup rumit dan juga bangunan yang memiliki banyak perubahan dalam hal yang diinginkan oleh si pemilik bangunan. Sistem ini juga mengakomodasi pihak dari arsitek seandainya ada permintaan perubahan desain yang tiba-tiba dari pemilik bangunan. Sebab, biaya jasa arsitek sendiri dihitung berdasarkan total biaya pembangunan hingga proyek itu selesai.

b. Berdasarkan ukuran bangunan rumah Anda
Metode ini digunakan untuk mempertimbangkan biaya desain berdasar ukuran fisik bangunan yang Anda bangun maupun renovasi. Sebagai contoh, seorang arsitek memasang tarif tertentu untuk setiap meter persegi atau dalam hitungan luas bangunan. Maka untuk penghitungan biaya desain rumah adalah dengan mengakumulasikan dari jumlah luas bangunan tersebut dikali tarif yang telah ditentukan sejak awal oleh arsitek tersebut.

c. Berdasarkan biaya tetap
Nah, untuk metode selanjutnya adalah berdasarkan biaya tetap. Untuk metode ini cara penghitungan biaya jasa desain rumah adalah berdasarkan harga yang telah ditetapkan klien itu sendiri. Hal ini karena, klien tersebut merasa khawatir dengan harga yang cenderung naik secara tiba-tiba. Maka arsitek kemudian akan menghitung jumlah biaya-biaya pembangunan dari jumlah yang telah ditetapkan oleh klien tersebut.

Baca Juga :  Memilih Jenis Genteng sewaktu Renovasi Rumah

d. Bebas biaya desain
Hal ini biasanya terjadi karena arsitek tersebut sekaligus merangkap sebagai Jasa kontraktor. Arsitek tidak akan rugi karena telah memberikan biaya jasa desain secara gratis, karena ia akan mendapatkan keuntungan dari biaya jasa konstruksi.

Selain itu sebagai informasi tambahan, sebelum mendirikan bangunan biasanya Anda juga harus mengurus surat Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). Proses ini tak mudah karena harus melalui prosedur yang cukup panjang dan juga biaya yang cukup banyak. Namun Anda tak perlu khawatir karena saat ini juga telah terdapat layanan desain gratis dari pemerintah dengan cara harus memenuhi beberapa persyaratan tertentu yang harus Anda penuhi. Sebelum mengajukan untuk memanfaatkan layanan ini, Anda perlu mendatangi loket Pelayanan Terpadu Satu Pintu di tingkat kecamatan Anda dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP), NPWP, Fotocopy Sertifikat Tanah, Fotocopy Surat Tagihan dan bukti pembayaran PBB tahun berjalan. Nah, setelah proses permohonan tersebut selesai, maka proses pengurusan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) Anda juga akan sangat mudah dilanjuti, bahkan tidak dikenakan biaya sedikitpun.

Itulah tadi beberapa metode penghitungan biaya jasa desain rumah yang perlu Anda ketahui. Tentunya ini akan menjadi bahan pertimbangan dalam hal memilih jasa desain yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda dan budget untuk biaya desain rumah. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *