Membuat Pagar Rumah dari Kayu

Pagar rumah dari kayu jati

Pagar rumah adalah salah satu elemen bangunan yang dibutuhkan untuk menjaga privacy atau keamanan dan nilai estetika bangunan. Dengan menerapkan konsep desain pagar rumah yang tepat, nilai estetika bangunan dapat menjadi lebih baik. Namun, pemilihan pagar yang baik bukan hanya dilihat berdasarkan desainnya saja, tapi juga terhadap jenis material yang dipakai.

Ada banyak jenis material yang dapat digunakan untuk membuat pagar rumah. Mulai dari kayu, besi, bambu, beton, tanaman, dan lain sebagainya. Pada artikel kali ini, akan dibahas pagar rumah yang berbahan dasar kayu.

Kayu adalah salah satu material yang sangat umum dipakai. Bukan hanya untuk pagar, namun juga berbagai macam perabot lainnya. Untuk membuat berbagai macam perabot yang berbahan dasar kayu, termasuk pagar, Anda dapat melakukan pemesanan ke jasa pembuatan pagar kayu atau jasa interior.

Model pagar rumah modern

Jenis-jenis Kayu yang Digunakan untuk Pagar Rumah

Ada berbagai macam kayu yang dapat digunakan untuk membuat pagar. Namun, sebelum memilih salah satu jenis kayu, Anda wajib mengetahui karakteristik masing-masing jenis kayu tersebut. Karena setiap jenis kayu akan mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Untuk membuat pagar kayu, sebaiknya Anda memilih jenis kayu yang dapat dipakai di ruang terbuka (outdoor).

Kayu yang digunakan pada perabot interior rumah akan berbeda dengan kayu yang digunakan pada outdoor seperti untuk decking, pagar, atap, kursi, maupun dekoratif outdoor rumah. Kayu yang digunakan pada pagar kayu rumah akan memiliki karakteristik yang jauh lebih keras, tahan cuaca, dan tingkat kepadatan yang lebih baik.

Berbeda halnya dengan kayu yang digunakan untuk kitchen set, lemari, dan sejenisnya, jenis kayu tersebut memiliki kualitas yang tidak dapat diaplikasikan pada ruang terbuka (outdoor). Selain sifatnya yang lebih lunak, kayu tersebut tidak tahan terhadap cuaca sehingga rawan keropos dalam waktu yang jauh lebih singkat.

Pada umumnya, dalam pembuatan pagar kayu, digunakan kayu-kayu keras seperti kayu jati, kayu merbau, kayu ulin, kayu bengkirai, kayu sonokeling, dan sejenisnya. Adapun alternatif lain yang dapat digunakan adalah sejenis kayu kamper, kayu meranti, dan kayu lain yang umum digunakan sebagai kusen pintu atau jendela.

Baca : Tips Memilih Jasa Kitchen Set yang Berkualitas

Berbagai pilihan jenis kayu untuk pembuatan pagar kayu tersebut memiliki tingkat kualitas yang berbeda. Semakin bagus kualitas kayu maka harganya juga akan semakin mahal. Walaupun sama-sama menggunakan kayu jati, namun kualitas masing-masing kayu jati tersebut juga beragam atau tidak sama. Umumnya, kayu yang tergolong berkualitas baik adalah kayu yang tua, besar, dan memiliki kadar air yang lebih sedikit.

Dengan begitu, kondisi kayu tidak mudah terpengaruh oleh cuaca sehingga tidak akan mengalami perubahan bentuk dan ukuran secara signifikan.

Contoh pagar rumah minimalis dari kayu

Jenis Cat untuk Pagar Kayu Rumah

Umumnya pagar kayu di-finishing menggunakan cat. Penggunaan cat juga harus sesuai dengan fungsinya. Anda tidak bisa menggunakan jenis cat dinding untuk diaplikasikan pada pagar kayu rumah.

Cara pengecatan juga bisa dilakukan dengan menggunakan kuas atau sistem semprot (spray) dengan bantuan alat kompresor. Kalau Anda melakukan pemesanan ke jasa pembuatan pagar kayu, finishing jenis spray tersebut akan lebih mahal dibanding kuas. Hasilnya pun akan lebih baik karena cat dapat menutup dengan lebih sempurna dan merata. Resiko pada penggunaan kuas adalah terdapat pola tetesan cat yang tidak mengering sempurna.

Untuk pemilihan jenis cat sendiri dapat dilakukan sesuai dengan jenis kayu yang digunakan. Pada dasarnya, ada kayu yang memiliki motif urat kayu yang bagus dan yang kurang menarik. Untuk jenis kayu dengan motif urat kayu yang menarik, ada baiknya Anda menggunakan cat transparan agar motifnya dapat ter-expose. Pada jenis kayu yang berharga tinggi justru motif urat kayu ini yang biasanya ditonjolkan.

Sebaliknya, untuk jenis kayu yang motifnya kurang menarik, Anda dapat menggunakan jenis cat duco. Jenis cat duco ini akan menutup kayu secara keseluruhan. Cat duco juga banyak digunakan untuk material lain seperti pada besi dan furniture.

Baca : Tips Memilih Cat Dinding Rumah

Baik pada jenis cat transparan maupun duco, dapat dilakukan pengecatan tahap akhir dengan material polyurethane (PU). Dengan menggunakan material cat tambahan ini, lapisan cat utama akan bertahan lebih lama. Tampilannya pun akan menjadi lebih glossy dibanding sebelumnya.

Membuat pagar rumah dari kayu finishing duco

Perawatan pada Pagar Rumah Berbahan Kayu

Daya tahan pagar rumah dari kayu akan sangat beragam. Selain tergantung dari kualitas jenis kayu yang digunakan, daya tahan pagar rumah juga ditentukan oleh kualitas jenis finishingnya. Pengecatan satu lapis tentu akan berbeda kualitasnya dengan pengecatan dua lapis dan seterusnya. Begitupun penggunaan cat PU tentu akan berpengaruh bila dibandingkan tanpa menggunakan material tersebut.

Masalah yang umum terjadi pada pagar rumah dari kayu biasanya adalah :

1. Rayap
Rayap adalah binatang pemakan kayu. Oleh sebab itu, rayap sering muncul pada perabot rumah yang berbahan dasar kayu seperti kusen, daun pintu atau jendela, ataupun kitchen set dan perabot lainnya. Untuk mencegah rayap muncul pada pagar kayu, Anda daapt melapisi kayu dengan lapisan anti rayap sebelum melakukan pengecatan.

2. Perubahan warna cat
Perubahan warna cat adalah hal yang cukup wajar terjadi. Mengingat pagar akan terkena sinar matahari, hujan, dan debu sepanjang hari. Untuk memperbaikinya, Anda harus melakukan pengecatan ulang. Hal ini umum dilakukan per 1,5 – 2 tahun sebagai langkah perawatan. Dalam melakukan pengecatan ulang, pastikan Anda menggunakan amplas terlebih dulu untuk menghilangkan atau mengupas lapisan terluar yang mengalami kerusakan. Setelah diamplas bersih, maka pengecatan ulang dapat dilakukan.

3. Muncul jamur
Jamur sering muncul pada tempat yang lembab. Pada saat pagar rumah terkena jamur, maka langkah perbaikan yang sebaiknya dilakukan adalah dengan membersihkan jamur terlebih dulu. Setelah jamur sudah dibersihkan, Anda dapat melakukan pengecatan ulang pagar rumah Anda.

4. Engsel rusak
Engsel rusak terjadi pada bagian pintu pagar rumah. Untuk pintu pagar lipat, sambungan antar pintu juga akan menggunakan jenis engsel serupa. Engsel dapat rusak karena beberapa hal seperti usia pakai yang sudah lama, bobot pagar terlalu berat, jumlah engsel yang kurang, ataupun kesalahan konstruksi dan cacat produksi.

Langkah perbaikan untuk engsel yang rusak adalah mengganti engsel tersebut dengan engsel baru sesuai dengan kualitasnya. Dalam menggunakan engsel, Anda harus mempertimbangkan jarak antar engsel dan bobot pintu yang digunakan. Umumnya, jarak antar engsel bisa diberikan sejauh 60 – 80 cm.

Contoh model pagar rumah pada umumnya

Baca : Menggunakan Jasa Kontraktor atau Jasa Pemborong ?

Menggunakan Jasa Kontraktor untuk Pembuatan Pagar Rumah dari Kayu

Jasa kontraktor dibutuhkan dalam merenovasi dan membangun rumah. Salah satu keuntungan dalam menggunakan jasa kontraktor adalah layanannya yang lebih lengkap. Selain itu, kualitas pekerjaannya akan lebih baik dan terjamin kualitasnya.

Pada saat Anda membangun rumah atau melakukan renovasi rumah, Anda juga dapat mengganti atau membuat pagar rumah melalui jasa kontraktor tersebut. Satu hal yang harus Anda jaga adalah konsep desain pagar tersebut. Bila Anda menggunakan jasa kontraktor mulai dari tahap desain, maka si kontraktor sudah mengerti hal ini. Namun bila Anda menggunakan kontraktor yang berbeda, sebaiknya Anda membuat desain yang sesuai konsep desain rumah.

Salah satu jasa kontraktor di Jakarta yang melayani pembuatan pagar rumah adalah Intinusa Persada. Hubungi Intinusa Persada di nomor (021) 745 1918 atau 0813 8080 9198 dan konsultasikan kebutuhan Anda. Intinusa Persada, jasa kontraktor bangunan yang memiliki layanan dan tim lengkap untuk kebutuhan renovasi atau rancang bangun rumah.

Dengan pengalaman lebih dari 5 tahun dalam menangani berbagai macam proyek di sektor hunian dan komersial, Intinusa Persada dapat menjadi solusi tepat bagi kebutuhan bangunan Anda. Selain layanannya yang lengkap, jangkauannya meliputi Jakarta, BSD, Tangerang, Bogor, Bekasi dan sekitarnya.

Intinusa Persada memberikan jaminan kualitas dan garansi dalam setiap pekerjaannya. Pastikan Anda menghubungi kontraktor berkualitas untuk hasil pekerjaan yang terbaik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Halo..

Terima kasih telah mengunjungi website Intinusa Persada.

Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by