Tips Memilih Jasa Kontraktor dengan Arsitek

Kontraktor dengan Layanan Jasa Arsitek

Jasa arsitek dibutuhkan untuk membuat desain bangunan. Bagi Anda yang saat ini mempunyai rencana untuk membangun rumah dan tidak mempunyai waktu untuk membuat desain rumah impian sendiri secara langsung, Anda bisa menggunakan kontraktor yang memiliki layanan jasa arsitek atau jasa desain rumah. Tidak semua kontraktor memiliki layanan jasa desain karena pada umumnya kontraktor adalah sebagai pihak pelaksana pembangunan. Sementara mengenai desain biasanya menjadi tanggung jawab arsitek. Namun, walaupun tidak semua jasa kontraktor menyediakan layanan ini, bukan berarti semua kontraktor tidak melayani permintaan desain.

Jasa arsitek desain rumah 1

Dalam artikel kali ini, akan dibahas mengenai beberapa tips untuk memilih kontraktor dengan layanan lengkap, yang dapat membantu Anda dalam membuat gambar desain arsitektur. Yuk kita simak beberapa tips berikut ini.

Memeriksa Reputasi Kontraktor dengan Jasa Arsitek

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum menggunakan jasa kontraktor untuk desain rumah adalah Anda harus memeriksa reputasinya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mendapatkan desain rumah yang sesuai dengan keinginan Anda. Biasanya, kontraktor maupun arsitek tidak akan memberikan Anda gambar desain rumah secara cuma-cuma. Anda harus memberikan sejumlah uang tanda jadi atau down payment (DP) terlebih dulu sebelum pekerjaan desain dimulai. 

Oleh karena itu, Anda harus banyak mencari banyak informasi mengenai kontraktor tersebut. Pastikan Anda melihat beberapa contoh desain arsitektur yang pernah dibuat. Untuk mengetahui jasa arsitek tersebut mempunyai reputasi kinerja yang baik atau tidak, Anda bisa melihat atau mencari testimoni dari para klien yang sudah menggunakan jasa arsitektur yang akan Anda pilih.

Lihat Portofolio

Kontraktor yang berpengalaman pasti sudah memiliki beberapa portofolio atau daftar hasil pekerjaan yang pernah dilakukan. Anda bisa melihat berapa banyak portofolionya. Jika banyak, sudah dipastikan desain rumah yang dihasilkan sangat memuaskan para pengguna jasanya. Secara tidak langsung anda bisa menentukan kualitas dan kuantitasnya.

Seorang jasa arsitek yang profesional, baik berdiri sendiri aataupun tergabung bersama kontraktor, pastinya memiliki kualitas gambar yang tidak diragukan lagi dan tampak bagus. Hasil gambarnya pasti halus dan menyerupai bentuk aslinya. Tidak ada distorsi dan tampilan gambar yang terlihat lebih natural dan hidup. Jika Anda sudah suka dan setuju setelah melihat portofolionya, Anda bisa langsung menghubunginya.

Memiliki Brand dan Alamat yang Jelas

Langkah selanjutnya adalah melihat brand dan alamat yang jelas dari kontraktor tersebut. Jika mereka profesional pastilah sudah memiliki sebuah merek dan identitasnya sendiri, baik seorang jasa arsitek freelance ataupun sekelas kontraktor yang sudah berbadan usaha. Pastikan pilihan Anda sudah memiliki kedua persyaratan tersebut.

Lihat Kepribadiannya

Tidak hanya melihat hasil kerjanya, tetapi Anda juga dapat mengenali kepribadian dari si arsitek tersebut. Anda bisa menemui dia secara langsung untuk melihatnya. Apakah Ia termasuk orang yang supel, serius, dan humoris. Pilihlah seseorang yang menurut anda cocok dengan kepribadian Anda.

Hal ini penting untuk Anda lakukan, karena Anda tidak hanya akan berkomunikasi dengan arsitek dalam kurun waktu yang singkat saja, tetapi Anda akan bekerja sama selama beberapa bulan sampai bangunan Anda selesai dikerjakan. Untuk mengetahui kepribadiannya Anda juga bisa mencarinya di sosial media.

Kenali Karakter Desainnya

Seorang arsitek, terutama yang sudah lama malang melintang dalam dunia desain arsitektur, pastinya sudah memiliki ciri khas untuk menjadi trademark nya. Jadi pastikan Anda mengenali gaya desain yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Contohnya, jika Anda ingin membangun bangunan dengan desain minimalis. Sebaiknya Anda jangan menggunakan arsitek desain rumah yang mempunyai banyak gaya rumah klasik.

Baca : 7 Hal yang Harus Dipersiapkan Sewaktu Bangun Rumah

Jasa arsitek desain rumah 2

Merencanakan Desain Rumah yang Ramah Anak dan Lansia

Ada masanya dalam merencanakan bangun rumah, kita memikirkan kebutuhan anak-anak atau orang tua. Kita ingin memiliki hunian yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga, bukan hanya karena nyaman tapi juga aman. Sebagaimana kita ketahui bahwa lingkungan yang baik akan mendukung perkembangan kecerdasan dan psikologis anak, serta dapat menjaga kesehatan anggota keluarga yang lain. Apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat desain rumah agar tetap mendukung aktivitas penghuninya ? Mari kita simak beberapa tips berikut.

Dalam merencanakan atau mengerjakan bangun rumah, sebaiknya kamu mempertimbangkan untuk menggunakan jasa kontraktor bangun rumah yang berpengalaman. Keuntungan menggunakan jasa kontraktor dalam bangun rumah adalah sistem kerja yang lebih matang sehingga proses perencanaan dan pengerjaannya dapat berjalan dengan rapi. Proses kerja yang terencana dengan baik, akan menghasilkan bangunan yang berkualitas, baik dilihat dari segi kekuatan bangunan maupun dari segi estetika bangunan. Dalam hal ini, bukan hanya dibutuhkan (sebatas) pengalaman kerja yang cukup, namun juga harus didukung oleh tenaga ahli, management yang baik dari pemberdayaan tenaga kerja maupun waktu kerja, pengelolaan dana yang baik, hingga pengetahuan mengenai material dan teknis pengerjaan yang cukup.

Baca : Biaya Jasa Desain Rumah

Jasa kontraktor bangun rumah akan mendampingi kamu dengan konsultan perencana dalam membuat gambar desain rumah. Perencanaan desain merupakan tahap awal dalam pembangunan, oleh sebab itu tahap ini sangat penting untuk merencanakan segala kebutuhan bangunan kamu sebelum pembangunan dimulai. Perubahan yang dilakukan pada saat pengerjaan sudah berlangsung akan berpotensi mengubah struktur bangunan dan menambah biaya bangun rumah. Pada saat proses pembangunan, jasa kontraktor bangun rumah akan memberikan pengawasan melalui pengawas lapangan dan konsultan perencana yang meninjau langsung ke lokasi kerja.

Jasa arsitek desain rumah 3

Untuk faktor kenyamanan, dalam proses bangun rumah, kamu juga bisa menggunakan jasa desainer interior. Namun biasanya kontraktor bangun rumah memiliki tim desain untuk membantu menyiapkan interior bangunan. Nah, inilah benefit yang kamu dapatkan bila menggunakan jasa kontraktor bangun rumah. Hampir seluruh kebutuhan bangunan dapat kamu temukan di sini. Bandingkan bila kamu harus mencari jasa desain rumah, jasa kontraktor, dan jasa desain interior secara terpisah. Bukan hanya waktu kerja yang semakin lama, tapi juga biaya pengerjaan akan semakin mahal.

Untuk hunian yang ditempati oleh orang lanjut usia (lansia), baiknya disediakan kamar tidur di lantai bawah. Mengingat untuk ke lantai atas harus melewati tangga, dimana tidak semua lansia bisa melakukan itu dan berpotensi jatuh. Dalam merencanakan denah bangunan, perhatikan sirkulasi udara yang cukup untuk keluar masuk ke dalam ruangan, terutama kamar tidur. Begitu juga dengan cahaya matahari. Hindari kamar tanpa jendela karena akan menyebabkan udara lembab, bau, dan tidak sehat. Kondisi yang demikian, bukan hanya berpengaruh terhadap kesehatan penghuni kamar, tapi juga segala furniture dan peralatan elektronik yang ada di kamar tersebut akan menjadi lebih tidak awet.

Penempatan pintu dan jendela (berikut modelnya) harus direncanakan dengan baik agar tidak terjadi benturan dengan anak-anak. Tempatkan pintu di posisi yang tepat, jangan berdekatan dengan siku ruangan lain sehingga berpotensi terkena anak-anak yang sedang bermain atau berlarian. Pertimbangkan untuk membuat lubang udara di atas pintu, dan tidak meletakkan kunci pintu tergantung pada handle pintu yang bisa mengakibatkan anak-anak terkunci di dalam kamar. Untuk bentuk furniture mungkin dapat dihaluskan pada bagian tepi, sudut-sudut bagian yang tajam. Hindari menyimpan barang pecah belah dan obat-obatan di lemari terbuka dan mudah dijangkau anak. Buatlah satu area bermain anak dengan lemari penyimpanan mainan yang bisa diawasi orang dewasa.

Diskusikan kebutuhan denah rumah dan detail lainnya dengan jasa arsitek atau kontraktor pilihan Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *