Tips Membuat Desain Rumah Tanpa Arsitek

Tidak semua orang memiliki dana untuk menggunakan jasa arsitek dalam membuat desain rumah. Mayoritas orang akan membeli rumah dari developer dimana bentuk bangunan sudah ditentukan sebelumnya. Namun sering kali bentuk bangunan atau jumlah ruangan tidak sesuai dengan kemauan pemilik rumah. Oleh sebab itu, setelah melakukan serah terima bangunan, pemilik rumah selalu melakukan renovasi bangunan, baik mengubah bentuk atau menambah luas bangunan. Di sinilah sebetulnya dibutuhkan seorang arsitek untuk membantu membuat desain rumah yang baru.

Apabila Anda menggunakan jasa arsitek dalam membuat desain rumah, ada beberapa hal yang menguntungkan Anda, terutama ide-ide kreatif yang muncul dari si arsitek, dimana bisa jadi tidak pernah terpikirkan oleh Anda sebelumnya. Pengalaman arsitek dapat membantu Anda dalam menghitung budget dalam pembangunan. Selain itu, arsitek lebih memahami mengenai material bangunan yang digunakan sehingga dapat membantu Anda, bukan hanya dalam hal estetika bangunan, namun juga pada kekuatan konstruksi bangunan itu sendiri.

Namun apabila Anda memiliki dana yang terbatas dan ingin melakukan desain rumah sendiri, maka mungkin beberapa tips berikut dapat membantu Anda.
1. Mulailah mencari referensi bentuk rumah yang sesuai dengan kriteria Anda. Perhatikan konsep rumah, denah rumah, dan penataan ruangnya. Anda dapat menggunakan berbagai media dalam mencari referensi rumah, baik itu melalui internet, melalui pameran, buku-buku, dll. Setelah menemukan 2 – 3 contoh rumah yang sesuai dengan selera Anda, mulailah menghitung estimasi biaya bangun rumah. Apabila Anda membutuhkan bantuan dalam menghitung biayanya, Anda dapat meminta kontraktor bangunan untuk membantu membuatkan perincian biayanya. Biasanya kontraktor akan membantu Anda dalam membuat estimasi kasar biaya bangun rumah tersebut.
2. Dalam mencari kontraktor bangunan, coba perhatikan portofolio yang telah dikerjakan. Apakah konsep rumah yang dibangun sesuai dengan kriteria Anda atau tidak. Harus Anda ketahui bahwa setiap kontraktor akan memiliki spesialisasi desain masing-masing. Misalkan Anda menyukai konsep minimalis, maka sebaiknya Anda memilih kontraktor yang memiliki desain konsep utama minimalis juga.
3. Pendapat dari orang terdekat akan sangat membantu. Mintalah pendapat dari keluarga Anda agar rumah yang Anda tempati dapat membuat nyaman seluruh anggota keluarga, bukan hanya Anda. Terlebih bila Anda justru lebih banyak menghabiskan waktu Anda di kantor atau luar rumah.
4. Buatlah sketsa kasar sederhana untuk membantu kontraktor dalam memahami keinginan Anda.
5. Nikmati waktu Anda dalam menentukan desain rumah yang cocok. Kegiatan membangun rumah mungkin membutuhkan waktu cukup lama, namun akan bertahan dalam jangka waktu panjang. Oleh sebab itu, sesulit apapun dalam membuat desain rumah, pastikan Anda menikmati waktu Anda. Ide-ide baru akan muncul apabila Anda dalam kondisi yang lebih segar.

Apabila Anda membutuhkan kontraktor bangunan untuk membantu membuatkan desain rumah yang sesuai keinginan Anda, hubungi Persada Land di nomor 0813 8080 9198. Persada Land adalah merek dagang dari PT Intinusa Persada, yang salah satu bidang usahanya adalah kontraktor bangunan. Persada Land melayani pekerjaan jasa desain rumah sekaligus pembangunannya. Karena berbadan usaha PT, maka Anda tidak perlu kuatir dengan keamanan dana Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda menghubungi Persada Land untuk kebutuhan desain rumah Anda.

 

About The Author

Related Posts

Leave a Reply