Tips Desain Rumah : Menyatukan Ruang Makan dan Dapur

Desain Rumah : Menyatukan Dapur dan Ruang Makan

Lahan yang sempit akan membuat desain rumah menjadi sedikit kurang fleksibel. Tapi jangan putus asa dulu, kita bisa mengakali penempatan ruang yang sempit menjadi satu ruang bersama. Salah satu contoh yang bisa kita lakukan adalah menyatukan ruang makan dan dapur.

Di Indonesia, walaupun lokasinya berdekatan atau bersebelahan, namun biasanya ruang makan dan dapur ditempatkan secara terpisah. Penyatuan dua ruangan ini sering kita jumpai pada rumah bertipe kecil, tapi hal tersebut dilakukan karena tidak ada pilihan. Berbeda halnya dengan di luar negeri seperti Eropa dan Amerika, sudah umum menyatukan ruang makan dan ruang dapur karena lebih praktis.

Mari kita simak beberapa tips berikut apabila kamu ingin membuat desain rumah dengan menyatukan ruang dapur dan ruang makan.
1. Dengan menyatukan dua ruangan tersebut, maka kamu tidak perlu membuat sekat ruangan. Justru yang umum terjadi adalah dengan membuat satu island atau kabinet yang menggabungkan antara kompor dengan meja makan atau sink dengan meja makan.
2. Penempatan sink atau kompor dan peralatan dapur lain harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang, tidak ada aturan baku dalam penempatan ini, semua dilakukan untuk kenyamanan penghuni masing-masing rumah. Dengan begitu, instalasi air dan listrik pun disesuaikan dengan denah ruangan. Untuk penggunaan sink di island, harus disiapkan pipa air bersih dan air kotor melalui bawah lantai. Sementara untuk penggunaan kompor di island, yang harus disiapkan adalah instalasi kabel listrik untuk stop kontak atau lampu, sesuai desainnya.
3. Island biasanya berukuran lebih tinggi dibanding meja umumnya, maka kamu sebaiknya memilih kursi yang ketinggiannya disesuaikan dengan ketinggian meja.
4. Desain dapur tidak harus menggunakan island di tengah ruangan, tapi bisa juga menggunakan meja lipat untuk alternatif meja makan sehingga lebih efisien.
5. Karena dapur merupakan salah satu area yang lembab, pastikan kamu memilih jenis material yang berkualitas bagus untuk daya tahan furniture, baik kitchen set maupun meja dan kursi makan.

Demikian salah satu contoh desain rumah yang bisa diterapkan untuk lahan yang kecil. Tips desain rumah ini dapat diaplikasikan juga di ruangan lainnya, tidak terbatas pada dapur atau ruang makan. Kamu juga bisa membuat desain rumah dengan plafon yang lebih tinggi sehingga terlihat lebih luas. Dan pastikan dalam mengerjakan desain rumah, penempatan jendela dan pintu harus cukup untuk sirkulasi udara yang lebih sehat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *