Renovasi Rumah Tua Agar Tampak Lebih Modern

Melakukan renovasi rumah harus dilakukan secara berkala walaupun tidak dalam jangka waktu yang berdekatan. Cepat atau lambat kondisi rumah akan membutuhkan perawatan, baik karena adanya kerusakan akibat cuaca atau hal lain, atau karena sudah ketinggalan jaman. Dalam hal ini, Anda dapat mengganti beberapa bagian rumah agar tampak lebih modern.

Melakukan renovasi rumah tidak perlu dilakukan secara besar-besaran di seluruh bagian ruangan. Namun, Anda dapat mempertahankan beberapa bagian rumah yang masih layak pakai. Biasanya bagian yang paling sering dilakukan perbaikan adalah bagian atap dan dinding. Bagian atap rumah berkaitan dengan rangka atap dan penutup atap. Rangka atap rumah tua pada umumnya masih menggunakan rangka kayu. Rangka kayu tersebut harus Anda cek secara berkala karena biasanya dalam beberapa tahun akan termakan oleh rayap sehingga kayu menjadi lapuk dan mengakibatkan kekuatannya berkurang. Dalam kondisi seperti ini, kondisi atap akan turun dan berpotensi membahayakan.

Oleh karena itu, banyak yang mengganti rangka atap dari kayu menjadi baja ringan. Kelebihan rangka atap baja ringan adalah ketahanannya yang tidak akan pudar termakan waktu. Namun dalam pengerjaannya harus diperhatikan kekuatan baja ringan tersebut. Biasanya baja ringan dipadukan dengan penutup atap berupa genteng beton atau yang lebih ringan. Untuk penutup atap yang lebih berat, sebaiknya ketebalan baja ringan atau jumlah rangka harus ditambah untuk menghindarkan rangka akan melengkung karena beban yang berat.

Dalam mengerjakan renovasi rumah bagian atap, Anda juga harus mempersiapkan dana untuk memperbaiki plafon rumah. Karena biar bagaimana pun, apabila Anda melakukan pekerjaan atap, plafon rumah berpotensi besar akan rusak. Untuk rumah tua biasanya masih menggunakan plafon berupa tripleks, sedangkan saat ini banyak digunakan papan gypsum. Selain dapat dibentuk dengan mudah, plafon gypsum juga tahan terhadap rayap dan api sehingga dari segi keamanan lebih baik. Lis plafon pun juga sudah banyak tersedia menggunakan material gypsum dengan berbagai macam bentuk.

Untuk dinding rumah, biasanya dilakukan pengecatan ulang karena warna cat yang sudah pudar atau terkelupas. Penggunaan cat pun ada 2 jenis, untuk di dalam ruangan (indoor) dan di luar ruangan (outdoor). Pada umumnya cat indoor lebih murah dibanding cat outdoor untuk merek yang satu level. Ada baiknya Anda menggunakan cat yang telah ada, tanpa melakukan pencampuran untuk menghindarkan perbedaan warna di kemudian hari. Gunakanlah warna-warna yang terdapat dalam catalog dan pastikan Anda mengenali kualitas cat tersebut.

Selain atap dan dinding, perhatikan juga lantai rumah Anda. Pada umumnya, rumah tua akan menggunakan keramik lantai teraso atau keramik lantai berukuran 40 x 40 cm (atau di bawah itu). Sedangkan saat ini sudah banyak dipakai keramik ukuran 60 x 60 cm dengan berbagai modelnya dari mulai homogenous tile, granit, marmer, dll. Tentu saja dengan mengganti keramik lantai, tampilan rumah Anda akan lebih modern dari sebelumnya.

Jangan lupa untuk memperhatikan instalasi listrik dan pipa di dalam rumah. Biasanya untuk rumah yang sudah berusia di atas 15 tahun, kabel listrik sudah tidak layak dipakai. Begitu pun dengan kondisi pipa air bersih dan air kotor. Untuk sekedar berjaga-jaga, pastikan pipa dan kabel dalam kondisi layak digunakan sebelum melakukan finishing agar Anda tidak perlu melakukan perbaikan kembali.

Walaupun terlihat sulit dan mahal, renovasi rumah tetap perlu Anda lakukan. Biaya renovasi rumah sangat tergantung pekerjaan yang dilakukan dan tidak ada acuan perhitungan biaya per meter perseginya. Selain karena dipengaruhi oleh material yang digunakan, renovasi rumah juga dipengaruhi tampilan akhir yang diinginkan. Apabila Anda mengalami kesulitan dalam merencanakan renovasi rumah, Anda dapat menghubungi Persada Land di nomor 081380809198. Persada Land merupakan kontraktor bangunan yang melayani renovasi rumah, kantor, cafe, restoran, dan tempat usaha lainnya. Pastikan Anda menghubungi kontraktor berpengalaman untuk solusi renovasi rumah Anda.

About The Author

Related Posts

Leave a Reply