Penggunaan Material Kusen Oleh Kontraktor Bangun Rumah

kusen aluminium

Kontraktor bangun rumah sering kali mengajukan pembuatan kesen jendela dan pintu dengan bahan dasar kayu atau aluminium. Kayu atau aluminium memang menjadi material dasar kusen secara umum. Penggunaan kusen kayu atau kusen aluminium sering kali menjadi pilihan yang membingungkan, karena masing-masing material tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Walaupun saat ini mulai muncul berbagai macam jenis material kusen baru seperti PVC, namun material kayu dan aluminium masih sangat umum digunakan.

Kusen merupakan bingkai untuk pintu ataupun jendela yang berfungsi sebagai tempat pijakan daun pintu dan jendela. Walaupun penggunaan kusen aluminium saat ini masih identik dengan perkantoran, kenyataannya kusen aluminium juga sudah banyak dipakai di perumahan oleh kontraktor bangun rumah. Salah satu kelebihan kusen aluminium adalah karakteristiknya yang lebih tahan keropos dan tahan rayap dibanding kusen kayu biasa. Namun bila Anda menggunakan kusen kayu yang terbuat dari kayu-kayu berkarakteristik keras seperti kayu jati dan sejenisnya, maka kusen Anda akan lebih bertahan jangka panjang dibanding menggunakan kayu lembut seperti kamper atau meranti. Dari segi pemasangan, kusen aluminium akan lebih cepat terpasang karena hanya menggunakan sekrup atau baut saja. Oleh karena itu, dari segi biaya pun akan menjadi lebih murah dibanding menggunakan kusen kayu.

Di sisi lain, kekurangan kusen aluminium adalah bentuknya yang kurang bervariasi. Biasanya kusen aluminium digunakan pada rumah dengan konsep minimalis. Sedangkan kusen kayu lebih bervariasi bentuknya. Harga pemasangan kusen kayu juga sangat dipengaruhi oleh jenis kayu dan bentuk yang diinginkan. Semakin sulit bentuknya, biaya pembuatannya pun bisa semakin mahal. Kelebihannya adalah kusen kayu dapat digunakan pada segala jenis konsep desain rumah karena sifatnya yang alami dan netral sehingga cocok dipasangkan dengan jenis material lain. Dalam hal ini, Anda dapat berkonsultasi dengan kontraktor bangun rumah perihal material yang paling tepat bagi rumah Anda.

Apabila Anda memutuskan untuk menggunakan material kayu, ada baiknya Anda memilih kayu berkualitas baik seperti jati, ulin, merbau, dan sejenisnya. Biaya yang dikeluarkan akan sangat berimbang dengan jangka waktu pemakaiannya yang bisa lebih dari 20 tahun. Kayu berkarakter keras seperti ini, tidak mudah mengembang karena cuaca, dan tidak akan termakan rayap. Selain itu, tampilannya pun akan lebih mewah. Ada baiknya bila Anda menggunakan kayu berkualitas bagus, Anda menonjolkan urat kayu tersebut dengan menggunakan politure. Hindari finishing duco karena akan menutup keindahan kayu tersebut.

Kelebihan kusen aluminium dibandingkan kusen kayu adalah sifatnya yang tahan terhadap rayap, cuaca, dan lebih ekonomis bila dibandingkan kayu berkualitas baik seperti kayu jati dan sejenisnya. Material kayu yang saat ini umum digunakan adalah sekelas kayu meranti, kayu kamper, dan sejenisnya yang berharga di bawah kayu jati. Penggunaan kayu jati saat ini pun tergolong kayu jati muda yang kualitasnya kurang bagus, dapat berubah ukuran (menyusut atau mengembang) dalam jangka waktu relatif dekat.

Merek aluminium yang digunakan oleh kontraktor bangun rumah saat ini masih terbatas pada dua merek utama, yaitu YKK dan Alexindo. Ada beberapa merk lain yang beredar namun jarang digunakan, seperti : Alcan, Alco, Dakon, dan lain-lain. Alexindo lebih umum digunakan karena harga yang lebih ekonomis. Sementara YKK relatif lebih mahal karena ketahanannya yang lebih baik dibanding Alexindo. Umumnya YKK digunakan pada gedung perkantoran kelas atas, sementara Alexindo banyak digunakan pada perumahan.

Selain digunakan sebagai kusen, kontraktor bangun rumah juga sering menggunakan aluminium sebagai partisi ruang. Saat ini warna aluminium sudah bervariatif sehingga terlihat menarik sebagai material utama partisi pada interior kantor. Perawatannya pun tidak sulit, cukup dibersihkan dengan kain lap dan cairan pembersih. Pemasangan kusen aluminium atau partisi aluminium relatif jauh lebih cepat dan mudah dibanding material lain. Agar tampak rapi, sebaiknya pada saat memberikan sealant, Anda menggunakan material pembantu seperti lakban kertas. Idealnya lebar sealant tidak lebih dari 1 cm. Perhatikan pada sambungan sealant dan sudut-sudut kusen. Hati-hati terhadap benda tajam karena aluminium sangat riskan terhadap goresan benda tajam. Apabila terjadi goresan atau kesalahan pada pemasangan sekrup, maka cacat yang sudah ada tidak bisa diperbaiki secara rapi seperti pada gypsum atau kayu. Oleh sebab itu, pemasangan kusen aluminium sebaiknya dilakukan oleh kontraktor bangun rumah yang berpengalaman.

Bagi Anda yang telah mengalami kerusakan kusen kayu akibat rayap atau keadaan yang lembab, sebaiknya Anda meminta kepada kontraktor bangun rumah untuk menggantinya dengan material aluminium. Hindari pemasangan material kayu kembali kecuali Anda ingin mengambil resiko mengalami kejadian serupa dalam beberapa tahun ke depan. Itupun sebaiknya Anda menggunakan jenis kayu keras lain seperti jati atau merbau yang berusia cukup tua.

Apapun pilihan material kusen Anda, pastikan Anda menggunakan material yang berkualitas untuk jangka waktu pemakaian lebih panjang. Mintalah saran dari kontraktor bangun rumah Anda untuk menentukan material kusen yang berkualitas. Apabila Anda membutuhkan konsultasi mengenai kebutuhan kusen rumah agar tampak lebih mewah dan awet, Anda dapat menghubungi Intinusa Persada di nomor 081380809198. Intinusa Persada merupakan kontraktor bangun rumah yang menerima pembuatan kusen untuk rumah maupun kantor.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *