Penggunaan Kusen Kayu dan Kusen Aluminium

Penggunaan kusen kayu atau kusen aluminium sering kali menjadi pilihan yang membingungkan, karena masing-masing material tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Walaupun saat ini mulai muncul berbagai macam jenis material kusen baru, namun material kayu dan aluminium masih sangat umum digunakan.

Kusen merupakan bingkai untuk pintu ataupun jendela yang berfungsi sebagai tempat pijakan daun pintu dan jendela. Walaupun penggunaan kusen aluminium saat ini masih identik dengan perkantoran, kenyataannya kusen aluminium juga sudah banyak dipakai di perumahan. Salah satu kelebihan kusen aluminium adalah karakteristiknya yang lebih tahan keropos dan tahan rayap dibanding kusen kayu biasa. Namun bila Anda menggunakan kusen kayu yang terbuat dari kayu-kayu berkarakteristik keras seperti kayu jati dan sejenisnya, maka kusen Anda akan lebih bertahan jangka panjang dibanding menggunakan kayu lembut seperti kamper atau meranti. Dari segi pemasangan, kusen aluminium akan lebih cepat terpasang karena hanya menggunakan sekrup atau baut saja. Oleh karena itu, dari segi biaya pun akan menjadi lebih murah dibanding menggunakan kusen kayu.

Di sisi lain, kekurangan kusen aluminium adalah bentuknya yang kurang bervariasi. Biasanya kusen aluminium digunakan pada rumah dengan konsep minimalis. Sedangkan kusen kayu lebih bervariasi bentuknya. Harga pemasangan kusen kayu juga sangat dipengaruhi oleh jenis kayu dan bentuk yang diinginkan. Semakin sulit bentuknya, biaya pembuatannya pun bisa semakin mahal. Kelebihannya adalah kusen kayu dapat digunakan pada segala jenis konsep desain rumah.

Apabila Anda memutuskan untuk menggunakan material kayu, ada baiknya Anda memilih kayu berkualitas baik seperti jati, ulin, merbau, dan sejenisnya. Biaya yang dikeluarkan akan sangat berimbang dengan jangka waktu pemakaiannya yang bisa lebih dari 20 tahun. Kayu berkarakter keras seperti ini, tidak mudah mengembang karena cuaca, dan tidak akan termakan rayap. Selain itu, tampilannya pun akan lebih mewah. Ada baiknya bila Anda menggunakan kayu berkualitas bagus, Anda menonjolkan urat kayu tersebut dengan menggunakan politure. Hindari finishing duco karena akan menutup keindahan kayu tersebut.

Apapun pilihan material kusen Anda, pastikan Anda menggunakan material yang berkualitas untuk jangka waktu pemakaian lebih panjang. Untuk konsultasi mengenai kebutuhan kusen, Anda dapat menghubungi Persada Land di nomor 081380809198. Persada Land merupakan kontraktor bangunan yang menerima pesanan kusen untuk rumah maupun kantor. Persada Land juga melayani pekerjaan renovasi bangunan lainnya.

About The Author

Related Posts

Leave a Reply