Merencanakan Plafon untuk Rumah Anda

Plafon adalah bagian dari bangunan yang membatasi area dalam ruangan dengan atap. Plafon atau langit-langit (ceiling), merupakan elemen bangunan yang penting tidak hanya secara estetika, namun juga terhadap fungsinya. Manfaat menggunakan plafon pada bangunan antara lain dapat mengurangi suhu panas yang datang dari atap sehingga diharapkan di dalam ruangan akan terasa lebih sejuk dan memiliki sirkulasi udara yang lebih baik. Selain itu, dari fungsinya, plafon juga sebagai tempat meletakkan rumah lampu ataupun peralatan listrik lain seperti grill AC, kipas angin, dan masih banyak lagi. Plafon juga melindungi ruangan dari debu, air, kotoran atau bahkan hewan yang masuk dari celah atap. Plafon dapat membantu meredam suara dari dalam atau luar ruangan. Dari segi estetika, plafon dapat menutupi tampilan bawah atap yang kurang indah dan membuat ruangan tampak lebih rapi dan bersih.

Saat ini banyak pilihan material yang dapat digunakan untuk plafon. Mulai dari yang berbahan dasar kayu, asbes, gypsum, GRC, hingga PVC. Masing-masing dari material tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya. Namun, yang paling umum digunakan saat ini adalah material dari gypsum karena sifatnya yang ringan, lentur, kokoh, tahan api. Material jenis ini cocok digunakan pada ruangan dalam. Sedangkan untuk bagian luar sebaiknya digunakan material GRC yang lebih tahan air, karena material gypsum relatif rentan terhadap air. Dalam kondisi tertentu, bekas air yang ada tidak dapat dihilangkan dan harus diganti dengan material gypsum baru. Namun demikian, harga gypsum akan lebih murah dibanding GRC. Di sisi lain, GRC lebih berat karena berbahan dasar campuran semen. Sehingga apabila mau diaplikasikan sebagai material plafon, sebaiknya digunakan rangka yang lebih tebal dan kuat dibanding rangka gypsum.

Sementara asbes kurang baik bagi kesehatan, sehingga tidak disarankan untuk digunakan sebagai material bangunan lagi. Material kayu seperti tripleks, bambu, atau lainnya, lebih banyak ditemukan pada bangunan-bangunan tua. Dan PVC belum banyak digunakan sebagai alternatif material plafon.

Bentuk plafon saat ini sangat beragam. Beberapa yang sering digunakan adalah bentuk flat, upceiling, dan downceiling. Bentuk flat adalah yang paling umum digunakan terutama untuk bangunan rumah dan berkonsep minimalis. Bentuknya yang rata juga berhubungan langsung terhadap biayanya yang lebih ekonomis. Sementara upceiling dan downceiling lebih banyak digunakan pada rumah mewah atau bangunan komersial seperti cafe, hotel, dan lainnya. Umumnya bangunan tersebut berkonsep modern atau classic.

Konsultasikan kebutuhan plafon Anda bersama kami di 0813 8080 9198. Kami adalah kontraktor bangunan yang mengerjakan mulai dari pembuatan desain arsitek hingga pelaksanaan pembangunan. Segera hubungi kami untuk konsultasi dan survei gratis untuk area jabodetabek. Semoga informasi ini bermanfaat.