Merencanakan Carport Sewaktu Renovasi Rumah

renovasi rumah di discovery bintaro 3

Sering kali sewaktu membeli rumah kita perlu melakukan renovasi rumah di bagian carport. Carport merupakan bagian dari rumah yang berfungsi sebagai tempat parkir kendaraan dan biasanya terletak di depan rumah, menyambung dengan garasi. Dalam merencanakan perbaikan atau pembuatan carport, Anda harus memperhatikan faktor kekuatan struktur dan faktor estetikanya.

Umumnya, carport terletak di bagian depan bangunan dan menjadi jalan masuk ke dalam rumah terutama untuk bangunan dengan luas lahan yang terbatas. Oleh karena itu, gunakan material finishing yang cocok dengan estetika rumah Anda secara keseluruhan. Anda dapat menggunakan keramik, batu alam, atau bahkan hanya acian kasar untuk lantai carport. Pemilihan material ini sangat bergantung pada konsep yang ingin Anda tonjolkan. Sebagai pelengkap, jangan lupa untuk membuat jalur tali air agar tidak ada genangan air sewaktu hujan atau sewaktu mencuci kendaraan. Lengkapi juga dengan kran air untuk membantu Anda membersihkan kendaraan dan menyirami taman.

Kunci keberhasilan renovasi rumah biasanya terletak pada faktor struktur bangunan. Berkaitan dengan faktor struktur tersebut, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal dalam memutuskan seberapa kokoh struktur carport Anda. Yang pertama harus Anda lihat adalah beban yang akan ditanggung oleh carport. Akan menjadi berbeda kekuatan struktur yang dibutuhkan apabila Anda menggunakan atap carport. Ini pun harus Anda pertimbangkan apa material yang digunakan untuk atap carport karena masing-masing material memiliki berat beban yang berbeda sehingga akan mempengaruhi perhitungan kekuatan struktur.

Sebaiknya dalam membuat struktur pondasi lantai, Anda menggunakan besi sebagai tulangan lantai. Besi diameter 8 mm – 12 mm sudah cukup dalam menahan beban carport. Setelah memastikan bahwa tanah yang ada cukup padat, Anda dapat memulai pembuatan struktur carport dan melakukan pengecoran. Tulangan besi tersebut menjadi vital agar tidak terjadi retak pada carport di saat ada pergerakan tanah. Selain itu, Anda harus memperhatikan kualitas beton yang digunakan. Umumnya beton dengan kualitas K250 sudah cukup untuk menahan beban carport, dengan catatan waktu pengeringan beton sesuai ketentuan, yaitu sekitar 2 – 3 minggu. Semakin tinggi kualitas beton, Anda akan mendapatkan kualitas hasil pengecoran yang semakin baik dan lebih cepat dapat digunakan.

Untuk tiang kolom penutup atap carport dapat digunakan berbagai macam material, mulai dari kolom cor, besi, kayu, baja ringan, dan lainnya dengan berbagai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pastikan tiang tersebut diikat pada struktur lantai sehingga menjadi satu kesatuan yang saling menguatkan.

Demikian sedikit informasi yang dapat Anda pertimbangkan dalam merencanakan renovasi rumah di bagian carport. Apabila Anda membutuhkan konsultasi mengenai kebutuhan renovasi rumah, Anda dapat menghubungi kami di 0813 8080 9198. Kami adalah kontraktor bangunan yang telah berpengalaman dalam mengerjakan renovasi dan rancang bangun rumah. Gratis survei ke lokasi untuk area jabodetabek apabila dibutuhkan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *