Menggunakan Jasa Arsitek dalam Membuat Desain Rumah

jasa kontraktor tangerang

Membuat desain rumah baik yang memiliki ukuran besar atau sederhana pun tak bisa lepas dari peranan seorang arsitek. Memilih arsitek pun tidak semudah yang dibayangkan misal Anda memilih seorang arsitek yang memiliki nama terkenal. Sebab setiap arsitek memiliki sifat atau karya yang berbeda-beda sehingga sebaiknya Anda memilih arsitek yang sesuai dengan kebutuhan dan desain rumah yang diinginkan.

5 Tahap Pekerjaan Arsitek dalam Menentukan Desain Rumah

Berikut ini, ada 5 tahap pekerjaan arsitek dalam membuat gambar desain yang cocok dan sesuai dengan selera Anda sebagai pemilik rumah nantinya.

1. Pembahasan bersama klien
Sebagai seorang klien, Anda akan bertemu dengan arsitek untuk mendiskusikan keinginan atau referensi rumah yang Anda sukai. Selain itu, Anda akan memberikan informasi mengenai luas tanah, berapa ruang yang diinginkan, dan dan konsep rumah yang disukai misal konsep bergaya mediterania. Hal ini sangat membantu sang arsitek membuat sebuah desain rumah yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

2. Pembuatan kontrak kerja dan survey lokasi
Jika telah terjadi kesepakatan antara Anda dengan arsitek maka langkah selanjutnya adalah pembuatan kontrak kerja yang berisi daftar pembayaran dan segala sesuatu terkait komitmen dua belah pihak. Arsitek yang Anda pilih akan melakukan survey lokasi untuk melihat kondisi lahan yang akan dibangun rumah. Tentu tidak ada sesuatu yang instan begitu pula dengan sang arsitek yang mungkin akan melakukan survey beberapa kali untuk menemukan pola desain rumah yang tepat.

3. Pembuatan desain pra rencana
Biasanya arsitek dan klien atau Anda akan berhubungan intens untuk mendiskusikan semua ide dan gagasan yang Anda miliki agar bisa mendapatkan sebuah desain rumah awal. Arsitek akan membuat gambar skematis yang nantinya akan dijelaskan secara detail kepada Anda. Hasil dari pembuatan desain rumah pra rencana ini adalah gambar denah lay out, tampak bangunan serta potongan bangunan.

4. Pembuatan gambar kerja
Setelah pembuatan desain pra rencana bersama Anda sebagai klien disepakati maka langkah selanjutnya yang dilakukan arsitek adalah membuat gambar kerja atau shop drawing. Pada tahap ini, gambar kerja telah dalam keadaan fixed tidak ada perubahan kecil apa pun yang akan mempengaruhi proses pelaksanaan pembangunan kelak. Gambar desain rumah telah dalam kondisi lengkap bahkan mencantumkan banyak detail kecil seperti gambar instalasi listrik, air, rencana plafon dan gambar-gambar lain yang berstruktur.

5. Membuat susunan rencana anggaran
Setelah arsitek menyerahkan gambar desain rumah yang Anda inginkan maka langkah selanjutnya adalah menentukan rencana anggaran pembangunan. Rencana anggaran pembangunan perlu Anda pikirkan secara matang agar tidak terjadi pembengkakan biaya dan tumpukan hutang setelah proses pembangunan rumah impian selesai. Pemilihan jasa konstruksi yang baik dan bahan material berkualitas pun mempengaruhi segala sesuatu terkait rencana anggaran. Biasanya kontraktor akan membantu memberikan informasi jasa konstruksi yang berpengalaman dan menjamin kepuasan pelanggan. Tentu saja ada harga yang ditawarkan namun Anda yang memiliki budget plan lebih bisa memilih jasa konstruksi yang benar-benar berkualitas meski sedikit lebih mahal. Sebaiknya Anda pun sedikit menganggarkan dana tak terduga pada rencana anggaran tersebut untuk meminimalisir pengeluaran tak terduga selama proyek pembangunan rumah impian Anda berlangsung.

5 tahap membuat desain rumah tersebut mungkin perlu Anda ketahui sebagai acuan dan ilmu pengetahuan baru jika Anda memang berniat membangun rumah dalam jangka waktu dekat ini. Sebaiknya Anda pun mencari informasi dari testimoni pelanggan, rekan atau anggota keluarga mengenai jasa arsitek yang benar-benar berkualitas dan tentu saja menawarkan harga yang tidak akan membuat kantong Anda bolong.

Apabila Anda membutuhkan jasa arsitek untuk membuat desain rumah agar tampak lebih menarik dengan harga terjangkau, Anda dapat menghubungi Intinusa Persada di nomor 081380809198. Intinusa Persada merupakan jasa kontraktor bangunan profesional yang melayani berbagai macam pekerjaan bangunan, mulai dari pembuatan gambar desain hingga pengerjaan renovasi dan pembangunan.

Merencanakan Desain Rumah Tanpa Bantuan Arsitek.

Tidak semua orang memiliki dana untuk menggunakan jasa arsitek dalam membuat desain rumah. Mayoritas orang akan membeli rumah dari developer dimana bentuk bangunan sudah ditentukan sebelumnya. Namun sering kali bentuk bangunan atau jumlah ruangan tidak sesuai dengan kemauan pemilik rumah. Oleh sebab itu, setelah melakukan serah terima bangunan, pemilik rumah selalu melakukan renovasi bangunan, baik mengubah bentuk atau menambah luas bangunan. Di sinilah sebetulnya dibutuhkan seorang arsitek untuk membantu membuat desain rumah yang baru.

Apabila Anda menggunakan jasa arsitek dalam membuat desain rumah, ada beberapa hal yang menguntungkan Anda, terutama ide-ide kreatif yang muncul dari si arsitek, dimana bisa jadi tidak pernah terpikirkan oleh Anda sebelumnya. Pengalaman arsitek dapat membantu Anda dalam menghitung budget dalam pembangunan. Selain itu, arsitek lebih memahami mengenai material bangunan yang digunakan sehingga dapat membantu Anda, bukan hanya dalam hal estetika bangunan, namun juga pada kekuatan konstruksi bangunan itu sendiri.

Namun apabila Anda memiliki dana yang terbatas dan ingin melakukan desain rumah sendiri, maka mungkin beberapa tips berikut dapat membantu Anda.
1. Mulailah mencari referensi desain yang sesuai dengan kriteria Anda. Perhatikan konsep, denah, penataan ruang, dan detail-detailnya. Anda dapat menggunakan berbagai media dalam mencari referensi desain, baik itu melalui internet, melalui pameran, buku-buku, dll. Setelah menemukan 2 – 3 contoh desain rumah yang sesuai dengan selera Anda, mulailah menghitung estimasi biaya bangun. Apabila Anda membutuhkan bantuan dalam menghitung biayanya, Anda dapat meminta kontraktor bangunan untuk membantu membuatkan perincian biayanya. Biasanya kontraktor akan membantu Anda dalam membuat estimasi kasar biaya bangun yang dibutuhkan tersebut.
2. Dalam mencari kontraktor bangunan, coba perhatikan portofolio yang telah dikerjakan. Apakah konsep bangunan yang dibangun sesuai dengan kriteria Anda atau tidak. Harus Anda ketahui bahwa setiap kontraktor akan memiliki spesialisasi desain masing-masing. Misalkan Anda menyukai konsep minimalis, maka sebaiknya Anda memilih kontraktor yang memiliki desain konsep utama minimalis juga.
3. Pendapat dari orang terdekat akan sangat membantu. Mintalah pendapat dari keluarga Anda agar desain yang Anda rencanakan dapat membuat nyaman seluruh anggota keluarga, bukan hanya Anda. Terlebih bila Anda justru lebih banyak menghabiskan waktu Anda di kantor atau luar rumah.
4. Buatlah sketsa kasar sederhana untuk membantu kontraktor dalam memahami keinginan Anda.
5. Nikmati waktu Anda dalam menentukan desain rumah yang cocok. Kegiatan membangun rumah mungkin membutuhkan waktu cukup lama, namun akan bertahan dalam jangka waktu panjang. Oleh sebab itu, sesulit apapun dalam membuat desain rumah, pastikan Anda menikmati waktu Anda. Ide-ide baru akan muncul apabila Anda dalam kondisi yang lebih segar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *