Memilih Jenis Genteng sewaktu Renovasi Rumah

Memilih jenis genteng sewaktu renovasi rumah

Dalam melakukan renovasi rumah lama, biasanya salah satu yang menjadi pertimbangan adalah kondisi material penutup atap atau genteng. Sering kali genteng sudah dalam kondisi retak dan bahkan pecah yang disebabkan oleh cuaca atau hal lainnya. Pada jangka waktu tertentu, kerusakan pada genteng dapat menyebabkan kebocoran pada rumah. Sementara itu, apabila Anda ingin mencari pengganti genteng, ada kalanya Anda mengalami kesulitan karena genteng sudah tidak diproduksi lagi. Solusinya adalah mengganti genteng lama dengan yang baru.

Dalam memilih genteng sewaktu renovasi rumah, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dulu. Supaya Anda tidak salah membeli genteng, perhatikan beberapa hal berikut :

1. Jenis genteng

Genteng ada beragam bentuk dan ukuran. Material dan kualitasnya pun sangat beragam. Oleh karena itu, kenali dulu kebutuhan rumah Anda agar biaya renovasi rumah tidak membengkak. Cek rangka atap yang digunakan sebelum Anda membeli genteng. Perhatikan ukuran antar reng atau rangka genteng, dan kekuatan rangka. Biasanya ukuran reng standard (baja ringan) yang digunakan minimal 0.75SNI. Namun pada jenis genteng yang lebih berat seperti genteng beton atau keramik, sebaiknya Anda menggunakan ukuran reng yang lebih kokoh. Namun apabila Anda memutuskan untuk menggunakan genteng metal dan sejenisnya, Anda tidak memerlukan perkuatan rangka atap.

2. Kualitas genteng

Memang ada kalanya budget dalam renovasi rumah menjadi pertimbangan dalam memutuskan memilih material genteng. Namun, untuk yang satu ini sebaiknya Anda lebih mempertimbangkan faktor kualitasnya. Dilihat dari jangka waktu pemakaian yang lebih lama, dan biaya perawatan yang lebih ekonomis, genteng berkualitas baik bisa jadi justru solusi terbaik Anda.

3. Warna

Sering kali pemilihan warna genteng dilupakan dalam proses renovasi rumah. Sebaiknya Anda sudah memiliki pilihan warna untuk genteng, sehingga tampilan rumah secara keseluruhan dapat terlihan indah. Umumnya, genteng tersedia dalam beberapa pilihan warna seperti hitam, merah, hijau, dan beberapa warna lain.

Baca Juga :  Tips Mencari Jasa Desain Rumah Secara Online

Demikian salah satu tips melakukan renovasi rumah yang bisa kami berikan. Apabila Anda ingin berkonsultasi mengenai kebutuhan renovasi rumah atau kantor, Anda dapat menghubungi jasa kontraktor terdekat atau dengan menghubungi kami di 0813 8080 9198. Kami melayani area jakarta, tangerang, bogor, depok, bekasi, dan sekitarnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *