Membuat Desain Rumah Kantor

desain rumah dan kantor

Membuat desain rumah sekaligus kantor (rukan) tidak harus berupa bangunan seperti ruko yang kaku. Namun saat ini banyak sekali lokasi kantor yang menyatu dengan hunian. Selain tidak perlu menempuh perjalanan jauh dan mahal, lokasi kantor yang berdekatan atau bahkan menjadi satu dengan hunian bisa meningkatkan produktivitas kamu lho. Dengan tidak membutuhkan waktu lama di perjalanan dan extra energi, kamu akan merasa lebih fresh dan memiliki waktu lebih banyak untuk mengembangkan usaha kamu. Simak beberapa tips berikut agar desain rumah kantor kamu bisa tetap tampil cantik ketika ada klien kamu yang berkunjung.

Dalam merencanakan desain rumah seperti ini, kamu harus membuat perbedaan ruang untuk area pribadi keluarga dan area kantor. Sebaiknya area kantor dapat diakses dengan mudah dari pintu masuk hunian atau pagar, sehingga tidak menggganggu aktivitas keluarga kamu. Buatlah sekat ruangan, bisa berupa dinding permanen atau sekat ruangan non permanen untuk sebagai pembatas ruangan. Luas ruang kantor sangat tergantung dari jenis usaha dan kebutuhan aktivitas kantor kamu. Kalau hanya untuk kantor pribadi, seharusnya kamu hanya membutuhkan ruangan seluas kamar tidur (+/- 10 m2). Namun bila kamu memiliki tim yang akan secara rutin aktif dalam kegiatan kantor di ruang tersebut, kamu membutuhkan ruangan yang lebih besar.

Hindari menempatkan ruang kerja berdekatan dengan ruang keluarga atau dapur karena dapat mengganggu aktivitas kerja kamu. Selain itu, apabila kamu membutuhkan peralatan kerja khusus yang membutuhkan daya listrik cukup besar, sebaiknya kamu memisahkan panel listrik kantor dengan panel listrik hunian agar tidak saling mengganggu. Dengan memisahkan panel listrik, Anda juga dapat menghitung biaya listrik yang terpakai setiap bulannya untuk kebutuhan pekerjaan Anda.

Desain interior rumah dan kantor bisa dibuat berbeda, namun pada bagian exterior sebaiknya dibuat menyatu sebagai satu kesatuan bangunan. Area outdoor seperti teras dan taman akan membuat kantor Anda menjadi unik dan tidak membosankan. Jangan lupa untuk memasang logo atau papan nama usaha di bagian depan, dan hindarkan menggunakan material yang terlalu besar sehingga mengganggu dari segi estetika.

Konsultasikan kebutuhan desain rumah bersama jasa desain rumah yang kamu percayakan. Informasikan segala kebutuhan kamu agar hunian dan tempat usaha dapat berjalan beriringan, tidak saling mengganggu kenyamanan maupun estetika bangunan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *