5 Tips Dalam Membuat Desain Taman

5 Tips dalam membuat desain taman

Memiliki taman yang rapi dan indah menjadi impian semua pemilik rumah. Namun demikian, untuk mewujudkan taman impian di rumah tidak semudah yang dibayangkan. Banyak keluhan yang terjadi dalam menentukan desain taman seperti lahan yang sempit, perawatan yang tidak teratur, dan lain-lain. Padahal taman yang indah akan mempercantik tampilan rumah Anda secara keseluruhan.

Konsep taman.
Merencanakan konsep taman adalah hal pertama yang harus Anda perhatikan. Rumah minimalis akan sejalan dengan konsep taman yang minimalis. Hindari penggunaan konsep yang tidak sejalan antara rumah dan taman karena akan memperburuk tampilan rumah secara keseluruhan. Sebaliknya, konsep yang sejalan akan meningkatkan nilai rumah Anda. Dalam hal ini, banyak sekali konsep yang dapat diterapkan pada taman rumah seperti : minimalis, tropis, tradisional, healing garden, klasik, modern, japanese, dan lain-lain.

Menentukan denah.
Setelah mendapatkan konsep yang diinginkan, saatnya memulai membuat denah taman. Tentukan area basah, area kering, pembatas, lokasi tanaman, lokasi bebatuan, kolam (bila ada). Dalam membuat denah, pastikan Anda memberikan jarak yang cukup antara tanaman yang satu dengan yang lain. Jarak yang terlalu dekat akan mengakibatkan tanaman kekurangan nutrisi dan berpotensi mati.

Pemilihan tanaman.
Setelah denah ditentukan, saatnya Anda memilih tanaman yang sesuai dengan konsep taman. Untuk lahan taman yang tidak cukup besar, hindari penggunaan tanaman yang dapat tumbuh besar seperti tanaman buah dan tanaman peneduh. Kenali karakter dari tanaman yang dipilih. Apabila Anda tipe orang yang kurang hobi merawat taman, pilihlah tanaman yang lebih tahan terhadap cuaca dan tidak mudah layu.

Pemilihan material taman.
Taman tidak hanya selalu membicarakan tanaman, namun ada banyak elemen lain yang dapat digunakan seperti berbagai macam batu-batuan. Jenis bebatuan yang dikombinasikan dengan tanaman akan menimbulkan variasi warna yang cantik.

Pengairan dan pencahayaan.
Sistem pengairan dan pencahayaan yang cukup, akan menjaga taman tetap terlihat fresh. Sistem pengairan (drainase) akan menghindari Anda dari tugas rutin menyirami tanaman. Selain itu, tanaman juga akan lebih terawat karena kondisi tanah yang tidak terlalu basah atau kering. Selain itu, cahaya matahari yang cukup sangat dibutuhkan bagi berbagai jenis tanaman, terutama tanaman bunga.

Apapun jenis desain taman yang ingin Anda tampilkan, pastikan Anda sudah memperhatikan beberapa hal tersebut agar taman tetap awet dan memudahkan pekerjaan Anda dalam merawat rumah. Anda juga dapat mempertimbangkan meletakan tanaman di dalam rumah ataupun membuat vertical garden bila lahan rumah lebih terbatas.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *